Alami Pendangkalan dan Penyempitan, Sungai Meluap Rendam Permukiman di Sukabumi

Alami Pendangkalan dan Penyempitan, Sungai Meluap Rendam Permukiman di Sukabumi

Sukabumi, infokowasi.com – Banjir merendam belasan rumah di Kampung Babakan, Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Sukabumi, Jawa Barat, Senin (6/4/2020).

Bencana banjir yang menimpa kali ini lebih parah dibandingkan kejadian pada 3 pekan sebelumnya. Hal itu diduga akibat intensitas curah hujan yang lebih lama.

Alami Pendangkalan dan Penyempitan, Sungai Meluap Rendam Permukiman di Sukabumi

“Ada 13 unit rumah dan mushala yang terendam dengan ketinggian banjir mencapai 40 senti meter,” kata Pelaksana tugas Kepala Seksi Sosial Budaya Kecamatan Parungkuda Saep Purnama kepada wartawan, Selasa (7/4/2020).

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Diperkirakan banjir terjadi sekitar 5 jam lamanya sebelum akhirnya berangsur-angsur surut.

Baca Juga :  Wow! PEH Temukan Seekor Elang Jawa Muda Gunung Ciremai

“Alhamdulillah sebelum banjir merendam permukiman, warga sudah menyelamatkan diri dan barang-barang berharganya di tempat yang aman,” terang Saep.

Menurut Saep, warga juga tidak ada yang sampai mengungsi. Pada Senin malam, warga yang terdampak banjir sudah kembali ke rumah masing-masing karena air sudah surut dari permukiman.

Saep juga mengatakan bahwa penyebab banjir adalah akibat kondisi sungai kecil yang semakin dangkal. Selain itu, beberapa aliran sungai tertutup beton, sehingga sungai tak mampu menampung debit air dalam jumlah besar dan membuat airnya meluap.

Baca Juga :  Audensi Bersama BKPM, Komjen Pol.Agus Andrianto Tegaskan Polri Dukung Kebijakan Pemerintah Percepatan Perizinan Berusaha

“Kami akan bermusyawarah bersama warga untuk mendapatkan solusinya. Rencananya hari ini. Kami sudah melapor dan berkoordinasi dengan BPBD,” tandasnya.

Laporan : IWA/ADE
Editor : Yossy Suryadi

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here