Curug Pelangi Destinasi Baru Desa Girijaya Cidahu

Curug Pelangi Desa Girijaya Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi

Sukabumi-Cidahu, Infokowasi.com – Desa Girijaya adalah sebuah desa yang berada di kaki Gunung Halimun Salak yang berhawa sejuk dan alami.

Desa Girijaya Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi masih saja terlihat mempesona dan asri, apalagi ditunjang dengan banyaknya destinasi wisata, tempat-tempat bernilai sejarah dalam perjalanan bangsa Indonesia, Seren Taun dan tentunya dikenal karena keramahan masyarakatnya. Dengan banyaknya faktor penunjang itu, Desa Girijaya bisa dikatakan “Desa yang Wajib” dikunjungi.

Di Desa Girijaya ini, selain bisa berwisata religi, kita juga bisa berkunjung ke Padepokan yang masih memegang teguh adat dan tradisi yang di sekitarnya banyak objek wisata alam yang eksotis.

Tidak jauh dari Padepokan, kurang lebih 2 Km, anda akan disuguhkan panorama alam yang indah dan memberikan kenyamanan yaitu Curug Pelangi, dapat ditempuh dengan berjalan kaki.

Baca Juga :  BLT Desa Sukasirna Cair, yang Belum Dapat Jangan Panik

Curug Pelangi adalah Potensi Wisata Alam yang belum dikenal oleh publik. Pada saat ini, atas dasar inisiatif dari Kepala Desa Girijaya Dindin Saripudin, langkah untuk memperkenalkan keindahan Curug Pelangi mulai dioptimalisasikan. Pembukaan akses jalan dan menata area tersebut pun sudah dan akan terus dilakukan.

Curug Pelangi Desa Girijaya Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi
Berikut ini hasil wawancara infokowasi.com dengan Camat Cidahu Erry Erstanto Y, S.I.P., saat meninjau lokasi :

“Alhamdulillah saya bersama rekan-rekan kepala Desa berkunjung ke Curug Pelangi ini memenuhi undangan Kepala Desa Girijaya untuk memberikan apresiasi atas apa yang sudah dan sedang dilakukan kades dan masyarakat Girijaya. Kelihatannya Curug pelangi ini sangat potensial sekali untuk dikembangkan dan saya menghimbau kepada kepala Desa dalam menata obyek wisata ini harus terstruktur dan terintegrasi kemudian diperdeskan pengelolaannya, tentunya diawali melalui sosialisasi dan musyawarah”, ungkap Camat.

Baca Juga :  Bupati Sukabumi, "Kebersamaan Adalah Kekuatan untuk Mencegah Covid-19"
Curug Pelangi Desa Girijaya Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi
Camat Cidahu bersama para Kades dan warga disaat berkunjung ke Curug Pelangi di Desa Girijaya

Kemudian ke depan kita akan mencoba mendorong untuk menjadi Desa wisata melalui Keputusan Bupati, insya Allah kalau semua persyaratan sudah ditempuh dan tercapai anggaran dari berbagai sektor bisa diturunkan untuk pengembangan wisata ini tambah Erry.

Curug Pelangi Desa Girijaya Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi

Di tempat yang sama, Dindin Saripudin Kepala Desa Girijaya berpendapat,”Dengan ditinjaunya Curug Pelangi oleh Camat dan Para Kepala Desa, tidak lain dari pihak kami untuk membuktikan bahwa Desa Girijaya mempunyai potensi wisata alam yang patut dibuka dan dikembangkan sesuai dengan apa yang dicanangkan Bapak Bupati Sukabumi dan hal ini tidak lepas dari arahan dan bimbingan Bapak Camat,” timpalnya.

Baca Juga :  Bima Arya Akhirnya Meninggalkan RSUD Kota Bogor

“Harapan saya sebagai Kepala Desa semua kekuatan masyarakat di Kecamatana Cidahu, termasuk para Kepala Desa, khususnya warga Girijaya ikut berpartisipasi bergotong royong, bahu-membahu membantu dalam mengembangkan potensi wisata ini untuk dibahas pada saat Musrenbagdes dan kalau memungkinkan bisa dibentuk BUMDES yang akan mengelola potensi wisata,” ujar Kades.

Curug Pelangi Desa Girijaya Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi
Arah ke Curug Pelangi melalui Padepokan Girijaya

Sementara Syarif selaku pendamping desa memberikan pemahaman, bilamana sudah siap menjadi Desa Wisata Produk-produk unggulan desa itu minimal harus bisa memasarkan sendiri karena otomatis itu merupakan kebutuhan pengunjung yang harus disediakan oleh pengelola, pungkasnya.

Video Kunjungan Camat Cidahu ke Curug Pelangi :

Laporan : Cecep Sudrajat

Editor     : Yudi Suyudi

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here