DESA BATU NUNGGAL KINI MILIKI TAMAN DESA UNTUK MENDORONG KREASI DAN BUDAYA

Infokowas com

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami meresmikan Taman Desa Batununggal, Minggu (15/3/2020). Kehadiran H. Marwan Hamami dalam peresmian yang berlokasi di Desa Batununggal, Kecamatan Cibadak tersebut, disambut antusias warga sekitar.

Dalam sambutannya H. Marwan Hamami mengapresiasi Desa Batununggal. Pasalnya desa yang berada di Kecamatan Cibadak itu, terus melestarikan kebudayaan lewat sejumlah kegiatan. Seperti halnya dalam peresmian taman desa ini yang dibarengi dengan pagelaran potensi budaya. “Batununggal memberikan respon positif dengan tidak melepas akar budaya. Terutama di tengah kemajuan teknologi,” ujarnya, Minggu (15/3/2020).

Kegiatan festival rakyat yang menampilkan budaya harus sering dilakukan. Hal itu untik mengedukasi generasi muda agar tidak lupa budayanya. “Perkembangan teknologi jangan sampai melunturkan budaya yang ada sejak dulu,” ucapnya.

Baca Juga :  Cikeas tour de Palabuhanratu, Prajurit Yon Armed 13 Dampingi Aster Kaskostrad

Selain itu, pemerintah desa pun sebisa mungkin membuat taman edukasi. Terutama mengenai tumbuhan yang sudah langka di masyarakat. “Kalau masih memiliki lahan desa semisalnya, bisa membuat edukasi lingkungan bagi generasi muda. Terutama dalam mengenalkan tumbuhan yang sudah jarang ditemukan. Pemerintah Kabupaten Sukabumi sudah mencoba melaksanakannya di Palabuhanratu,” ungkapnya.

Selain itu, setiap daerah harus mulai berbenah. Terutama dalam menyiptakan berbagai potensi di daerah. Sehingga, orang tertarik untuk berkunjung ke suatu daerah di Kabupaten Sukabumi. “Kalau tidak ada daya tarik, bisa ditinggalkan itu daerah. Apalagi ketika tol sudah jadi. Makanya setiap potensi yang ada harus dimaksimalkan. Semisal festival budaya ini yang bisa dilakukan secara rutin,” terangnya.

Baca Juga :  Sembilan Daerah Irigasi Wilayah III Cicurug Dibangun

Maka dari itu, kekompakan pemerintah dan masyarakat harus terjalin. Termasuk perencanaan setiap program harus direncanakan dengan baik. “Potensi yang dimiliki dieksplore terus. Namun tetap dengan menjaga kekompakan,” paparnya

Dalam kesempatan tersebut, H. Marwan Hamami mengimbau masyarakat agar tidak panik terkait penyebaran virus corona di Indonesia. Termasuk tidak memborong makanan dan masker. “Terpenting tetap menjaga daya tahan tubuh. Terutama memakan buah buahan lokal. Kita pemerintah pun terus mengantisipasi peredaran virus corona ini,” terangnya.

Camat Cibadak Lesto Rosadi mengatakan, pembangunan Taman Desa Batununggal merupakan Program peningkatan partisipasi pembangunan Kecamatan (P3K) tahun 2019. Hal itu tentu saja dibantu oleh Provinsi Jawa Barat dan Desa Batununggal. “Di taman ini ada jogging track, gazebo, RTH (ruang terbuka hijau), hingga taman bermain anak,” terangnya.

Baca Juga :  7 dari 13 Desa di Kecamatan Cicurug dapat Bantuan dari Pemerintah Pusat Hari ini

Bahkan dalam pembukaan taman tersebut, dilaksanakan gelar potensi budaya selama dua hari. Hal itu terhitung Sabtu – Minggu ini. “Selama dua hari sejak kemarin (14/3/2020), ada berbagai kegiatan. Mulai dari bazzar, pentas seni, tabligh akbar, senam, pencaksilat, lomba liwet, debus, dan santunan anak yatim. Peresmian oleh Pak Bupati merupakan puncak acara ini,” paparnya

Dalam kesempatan tersebut, H. Marwan Hamami menyerahkan santunan bagi anak yatim dan plakat kepada duta baca anak Jawa Barat. Selain itu, menandatangani prasasti Taman Desa Batununggal. Selepas itu, meninjau stand lomba nasi liwet dan area Taman Batununggal.

Heri s

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here