Dinas DPMPD Terbitkan Aturan Penggunaan DD untuk BLT dalam Antisipasi COVID-19

Dinas DPMPD Terbitkan Aturan Penggunaan DD untuk BLT dalam Antisipasi COVID-19
Sukabumi, infokowasi.com – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Tendy Hendrayana dalam waktu dekat pihaknya akan menerbitkan petunjuk pelaksanaan juklak juknis tentang pengalokasian Dana Desa untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebagai bentuk antisipasi wabah Covid-19.

“Baru saja menerima juklak dan juknis dari pusat. Ketentuan dari pusat ini akan ditindaklanjuti dengan petunjuk yang lebih jelas untuk disebarkan ke desa-desa,” kata Tendy di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kabupaten Sukabumi, Jalan Raya Kadupugur, Cicantayan, Rabu (15/4/20).

Baca Juga :  Kasatgas Banops Tinjau Alun-alun Kota Serang, Pastikan Malam Takbiran Aman dan Kondusif

Juklak dan juknis, DPMD memberikan petunjuk yang rinci seputar mekanisme penggunaan DD untuk BLT termasuk cara pelaporannya. Sesuai ketentuan dari pusat, pemerintah Desa bisa mengalokasikan DD sebesar 35 persen untuk BLT yang dibagikan kepada warga terdampak Virus Corona.

“Pelaksanaannya, penerima BLT dari DD tidak boleh tumpang tindih dengan penerimaan manfaat Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Pangan, kartu pra kerja, dan sebagainya. Nanti ada juga bantuan dari provinsi dan pemerintah pusat untuk membantu masyarakat yang terpuruk akibat dilanda Virus Corona, tiga puluh lima persen untuk BLT,” jelas Tendy.

Baca Juga :  H. Marwan Hamami Minta PWRI Berperan Dalam Pembangunan dan Penyampai Aspirasi Masyarakat

Itu berlaku untuk desa yang besaran DD-nya di atas Rp800 juta. Sementara untuk desa yang DD-nya cuma Rp800 juta, alokasi untuk BLT ditentukan sebesar 25 persen.

“Tiga puluh lima persen itu batasan tertinggi. Jadi penggunaan DD untuk BLT disesuaikan dengan jumlah keluarga yang sangat membutuhkan bantuan,” kata kang Tendy.

Laporan : Heri S / Wahyu Os *

Editor : Wandi Darmawan

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

1 KOMENTAR

  1. Untuk DD dan ADD yg di gunakan BLT sebaiknya di bahas di rapat Antara pemdes dan BPD sebagai perubahan RAPBDES .. Sehingga menjadi prioritas untuk pemberdayaan yg akan di laksanakan..hadapi penyebaran covid19..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here