Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Luncurkan www.covid19.go.id

Gugugs tugas covid-19

Jakarta, infokowasi.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 meluncurkan portal www.covid19.go.id sebagai sumber informasi resmi penanggulangan virus corona.

Situs tersebut dikembangkan oleh Tim Komunikasi Risiko dan Pelibatan Masyarakat untuk Penanggulangan COVID-19. Tim terdiri dari berbagai elemen yaitu pemerintah, badan PBB (UNICEF, WHO, dll), mitra pembangunan internasional, organisasi masyarakat sipil dan dunia usaha.

Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo, meminta semua pihak menghentikan segala perdebatan mengenai teori dalam menyelesaikan wabah virus corona. Menurut Doni, saat ini yang terpenting adalah meyakinkan publik agar memahami penyebaran wabah tersebut dan cara mengantisipasinya.

Baca Juga :  Hasil Rapid Test Jabar dari 22 Ribu Orang, 300-an Positif untuk Diperiksa Lanjutan PCR atau SWAB, dari Kota Sukabumi yang Terbanyak
“Hentikan semua perdebatan, sekarang waktunya kita meyakinkan warga kita memahami apa yang sedang kita hadapi hari ini dan bagaimana kira-kira langkah antisipatif ke depan,” kata Doni saat konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Rabu (18/3/2020).

Sementara itu dari Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan COVID-19, Prof. Wiku Adisasmito mengatakan, Gugus Tugas sudah melakukan pengembangan satu sistem yang sebentar lagi bisa disampaikan ke publik, terutama untuk daerah rawan tertular, sehingga tahu daerah mana yang memiliki risiko tinggi merebaknya COVID-19.

Baca Juga :  ASK Bale Riung Pajampangan Sumbangkan Masker Kepada Tim Relawan Gugus Tugas Covid-19 Surade

Wiku menjelaskan, pemerintah akan menggunakan teknologi sehingga pelacakan tidak dilakukan secara konvensional, mencari siapa saja yang melakukan kontak dengan kasus positif COVID-19, dan berapa lama kontak itu terjadi. “Kami akan lakukan itu, sehingga kita bisa membatasi kontak langsung,” kata Prof. Wiku.

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan, pemerintah berupaya melakukan penelusuran guna mengindentifikasi orang-orang yang pernah melakukan kontak dekat dengan pasien-pasien terjangkit virus corona.

Adapun total pasien positif terjangkit virus corona di Indonesia saat ini sebanyak 172 kasus per Selasa (17/3/2020). Jumlah pasien Covid-19 yang diumumkan pada Selasa bertambah 38 kasus dari yang diumumkan Senin (16/3/2020) kemarin.

Baca Juga :  Secapa AD Bandung Jawa Barat Cluster COVID-19

Penambahan jumlah kasus itu sendiri merupakan pasien yang berasal dari DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kepulauan Riau. Berdasarkan data yang dibeberkan, tercatat sebanyak sembilan pasien dinyatakan sembuh dan tujuh pasien meninggal.

Laporan : Iwa Kuswara
editor : Wandi

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here