KOWASI dari Cimelati Fakta Sejarah yang Tak Bisa Dilupakan

KOWASI dari Cimelati Fakta Sejarah yang Tak Bisa Dilupakan

Sukabumi, Infokowasi.com

Mengenang kilas balik Tahun 1965, Presiden RI pertama, Soekarno dan rombongan pernah menginjakkan kaki ke Taman Wisata Kolam Renang Cimelati Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi.

Informasi sejarah Soekarno pernah mengunjungi objek wisata Cimelati pun oleh pengelola objek wisata Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pesona Wisata Kabupaten Sukabumi, ditulis dalam buku katalog promosi sejarah singkat objek wisata Cimelati.

“Presiden Soekarno ke Cimelati untuk mengecek mata air Cimelati. Konon kabar Presiden Soekarno penasaran dengan dengan mitosnya air pegunungan Cimelati yang terhubung dengan sumber air istana presiden di Bogor,”ujar Direktur Utama Perumda Pesona Wisata Kabupaten Sukabumi, Aseu Riyadi kepada infokowasi.com, Minggu (02/8).

Cerita sang proklamator kemerdekaan RI tersebut pernah melancong ke objek wisata Cimelati kata Aseu Riyadi itu digali berdasarkan informasi dari para pekerja pengelola Kolam Renang Cimelati terdahulu dan sekarang.

Baca Juga :  Berita COVID-19 Kabupaten Sukabumi, Kamis, 30 Juli 2020: Terkonfirmasi Bertambah lagi

“Hanya sayang, sampai sekarang kami belum memiliki foto dokumentasi Presiden Soekarno pernah datang ke sini. Tapi, tanggal 25 November 2010 ada fakta sejarah rekan-rekan dari Komunitas Wartawan Sukabumi (KOWASI) pernah menyatakan janji hati Dalam Deklarasi Akbar. KOWASI memberikan Fakta Sejarah menceritakan sejarah akan arti KOWASI dan kehadiran Presiden Soekarno di Cimelati. Soekarno,  pernah ke sini,” ulas Aseu Riyadi.

Dengan luas kurang lebih dua hektar, kawasan wisata Cimelati sudah dikenal sejak zaman Belanda, tepatnya dibangun sekitar tahun 1901 silam, objek wisata ini sudah dikunjungi.
Berbeda dengan kolam renang lainnya, kolam renang wisata Cimelati ternyata memiliki sumber mata air pegunungan yang mempunyai debit 30 liter per detiknya. Airnya deras, jenih alami sekali.

Baca Juga :  Info Terbaru (4/5/2020) Data Covid-19 Kabupaten Sukabumi : PDP Cidahu Menyamai PDP Cicurug

Selain dimanjakan dengan air pegunungan yang dipercaya bisa bikin awet muda. Para pengunjung pun akan langsung melihat berbagai jenis pepohonan rindang. Mulai pohon beringin, Jahar, Mahuni, Cemara dan berbagai jenis pohon lainnya. Usia pepohonan itu mencapai ratusan tahun.

Dari tahun ke tahun, objek wisata ini sudah memiliki banyak perubahan signifikan. Pengelola sekarang pun sengaja terus mempersolek objek wisata yang jadi salah satu andalan pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sukabumi.

“Kami terus melakukan perbaikan. Fasilitas yang dimiliki ada Waterboom, hotel, restaurant dan segera hadir Culinary night,” pungkas Aseu Riyadi.

Baca Juga :  Acep Engkus Perihal Persetujuan FIFA Tentang Pergantian Pemain Pengganti dari 3 Manjadi 5

Ketua Dewan Pembina KOWASI H. Budi Widaya didampingi Ketua Umum KOWASI Yudi Suyudi, mengatakan:

“Fakta Sejarah KOWASI tak akan pernah lepas dari perjalanan awal di Cimelati Cicurug, dahulu tepatnya tanggal 25 November 2010 KOWASI menyatakan Janji Hati dalam Deklarasi Akbar lahirnya KOWASI,” ungkapnya.

Intinya Fakta Sejarah ini akan kita gali dengan nilai historis yang tidak bisa dilupakan, apalagi 10 November nanti momentum perjuangan yang Heroik akan jiwa kepahlawanan, Selamat datang di HUT X KOWASI, pungkasnya.

RED

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here