Pemkab Sukabumi, Apresiasi Warga Sukabumi Selatan yang Belum Memiliki Akta Nikah

Pemkab Sukabumi, Apresiasi Warga Sukabumi Selatan yang Belum Memiliki Akta Nikah

Sukabumi-Jampangkulon, Infokowasi.comSekda Kabupaten Sukabumi menghadiri Sidang Isbat Terpadu Nikah Massal, diinisiasi oleh tiga unsur yaitu Kementrian Agama, Pengadilan Agama Cibadak dan Dinas kependudukan dan Catatan Sipil. Selasa 30 Juni 2020, Pukul 09.00 Wib, di alun-alun Jampangkulon.

Kegiatan Sidang Isbat Terpadu Akad Massal dibagi menjadi dua loakasi yaitu di Gedung Olahraga (GOR) dan di KUA Kecamatan Jampangkulon Kabupaten Sukabumi.

Pada kesempatan itu Iyos Somantri, Sekda Kabupaten Sukabumi hadir didampingi Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sukabumi Iwan Ridwan dan Kepala Kementrian Agama Sukabumi Arip Muhsunin. Sekda turut menyerahkan Salinan Akte Nikah dan Buku Nikah kepada pihak pengantin.

Baca Juga :  KP. Ciutara Parungkuda Laksanakan Penyemprotan COVID-19

Apresiasi pemerintah salah satunya pengakuan status negara yaitu wajib memiliki persyaratan Isbat Wajib dan untuk memiliki Akta Nikah yaitu:

1. KK yang bersangkutan,

2. KTP Yang bersangkutan,

3. KTP 2 orang Saksi

4. KTP Wali Nikah,

5. Data Peritiwa Nikah.

Bila kurang jelas bisa menghubungi Amil setempat.

Isbat nikah (Pemutihan Surat Nikah di luar KUA) sedangkan kegunaan Akta nikah salah satu bukti status yang telah diakui negara dan menunjkan warga negara yang baik, artinya taat terhadap aturan yang sudah ditetapkan pemerintah.

Pemkab Sukabumi, Apresiasi Warga Sukabumi Selatan yang Belum Memiliki Akta Nikah

Arip Muhsunin Ketua pengadilan Agama Cibadak menjelaskan kepada wartawan.

Baca Juga :  PLN Rayon Cibadak Dibantu Warga, Tebang Bambu Yang Lintasi Kabel Listrik

“Kegiatan Isbat terpadu memberikan pelayanan secara gratis untuk membantu warga masyarakat. Sidang Isbat Akad di wilayah VI Jampangkulon terdiri dari 8 kecamatan, yaitu Jampangkulon, Surade, Cibitung, Ciracap, Cimanggu, Kalibunder, Ciemas dan Waluran,”, jelasnya.

Semua Gratis karena dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan langsung dilaksanakan Sidang oleh Hakim. Dapat diputuskan hari ini oleh hakim Sidang.

Pemkab Sukabumi, Apresiasi Warga Sukabumi Selatan yang Belum Memiliki Akta Nikah

“Sementara jumlah yang di sidang Isbat akad Masal terpadu di antaranya terdiri dari 23 pasangan Isbat atau sama dengan 46 orang, 6 pasangan GC atau sama dengan 12 orang, saksi 2 orang setiap pasangan atau total saksi 46 orang, sedangkan Hakim plus Majelis berjumlah 6 orang,” paparnya.

Baca Juga :  Kunker ke Sukabumi, Mensos Chek Sistem Penyaluran BST dan Tinjau UMKM

Camat kecamatan Jampangkulon. Drs Yayan Mulya Suryana.

“Alhamdulillah acara tersebut berjalan khidmat, aman, berkah dan sesuai aturan. Terima kasih kepada semua pihak yang membantu dalam kegiatan, segala partisipasi, kelancarannya, serta dukungan terutama dari semua elemen warga Jampangkulon dan para tokoh, MUI, dan donatur dari Keluarga besar Yayasan Forum Silaturahmi Barisan Benteng Pajampangan (YFSBBP) yang telah menyumbangkan tenaga dan pikirannya, semoga segala kebaikannya dibalaskan Allah SWT,” pungkasnya.

Laporan : Maulana Kuncir

Editor     : Yudi

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here