Peran Jurnalis, Memotret Citra Positif Pariwisata

Infokowasi.com – Dalam kapasitasnya sebagai pemberi informasi, media telah berperan memberi manfaat bagi pembangunan pariwisata. ruang promosi menjadi ruang tak terbatas bagi insan Pers mendedikasikan dirinya memperkenalkan kepada khalayak tentang dayatarik wisata tertentu.

Diakui atau tidak para jurnalis berkemampuan memotret aspek – aspek penting kehidupan, termasuk segala instrumen terkait kepariwisataan yang sejauh ini menjadi andalan untuk menggenjot pendapatan asli daerah.

Membangun popularitas dan daya tarik objek wisata terutama objek wisata baru perlu promosi gencar, masif dan berkelanjutan. melalui promosi hal hal baru bisa diperkenalkan kepada masyarkat baik lokal, nasiona bahkan manca negara. dalam kontek ini peran wartawan tak bisa dinapikan apalagi dipandang sebelah mata

Baca Juga :  Menu Masakan untuk Sahur Hari Ke-9:
Dalam konsep kolaborasi pentahelix, peran media menjadi salah satu unsur penting yang tak bisa dipisahkan, peran mereka dalam menginformasikan memenuhi unsur cheaper, faster and batter, atau lebih murah, lebih cepat dan lebih mudah.

Terlepas positif dan negatif sudut pandang yang dijadikan angel tulisan oleh sang jurnalis, promosi tetap berlangsung, masyarakat yang mengakses destinasi wisata kebanyakan mengetahui dari pemberitaan di media.

Terminologi “Jurnalisme Ramah wisata” merupakan bentuk pengakuan terhadap peran media sekaligus menjadikan insan pers sebagai andalan promosi kepariwisataan selain kanal informasi lainnya baik itu kanal informasi pemerintah, swasta maupun perorangan.

Untuk memaksimalkan perannya dalam promosi pariwisata, media perlu melakukan sinergitas dengan pemerintah dalam bentuk kemitraan strategis. atau dengan stakeholder lainnya, yang pasti kerja kerja kolaborasi jauh lebih cepat mencapai sasaran terutama para pengguna informasi yang akhirnya menjadi marketing epektif dalam memviralkan pesan kepada yang lain.

Baca Juga :  Menu Sahur Puasa Hari ke-4

Sampai disini, mulai terang benderang, betapa penting peran pers dengan segala produk jurnalistiknya terkait dengan promosi kepariwisataan karena promosi dan informasi adalah dua sisi mata uang yang tak terpisahkan.

Tapi walau demikian, dalam pemberitaan dayatarik wisata tentu sangatlah bijak mengedepankan hal hal positif, citra baik yang membangun minat, sehingga ikhtiar percepatan kesejahteraan masyarakat melalui sektor pariwsata bisa berjalan sesuai rencana tanpa harus diwarnai polemik dan beda pendapat yang akhirnya malah kontraproduktif dengan rencana besar arah pembangunan daerah.

Baca Juga :  Khutbah Rasulullah Menjelang Ramadhan

Karenanya, yuk kita perbaiki rancang bangun promosi kepariwisataan yang kokoh produktif serta melibatkan sebanyak banyaknya resources, termasuk penguatan peran jurnalis untuk memotret citra positif kepariwisataan.

Oleh Irwan Setiawan Staff Ahli Kominfosan kab.Sukabumi

RED

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here