SItuasi Dan Kondisi Covid-19 Di Kabupaten Purwakarta

pemkab puwakarta
PURWAKARTA, infokowasi.com – Pemkab Purwakarta merilis situasi dan kondisi dan jumlah orang yang terdampak Covid-19 di wilayah tersebut.

Hingga Kamis, 19 Maret 2020, di Kabupaten Purwakarta terdapat  45 Orang Dengan Pemantauan (ODP), 3 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 1 orang Positif Covid-19.

“Situasi, kondisi, dan jumlah orang yang terpapar akan kita rilis pada pukul 12.00 setiap harinya, untuk hari jumat kita rilis sebelum waktu sholat jumat. Media centre penanganan Covid-19 untuk masyarakat kita dirikan di kantor Dinas Kesehatan Purwakarta, di Jalan Veteran,” kata Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, Kamis (19/3/2020).

Pemkab purwakarta

Menurut Ambu Anne, terdapat penambahan warga yang berstatus ODP dari 40 orang menjadi 45 orang.

Baca Juga :  Pemkab Purwakarta Siapkan Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Covid-19

“ODP adalah orang yang mempunyai riwayat perjalalan ke luar negeri selama kurun waktu 14 hari, pernah melakukan perjalanan dan mengalami gejala-gejala terpapar Covid-19,” ujarnya.

Sementara 3 orang yang berstatus PDP adalah mereka yang memiliki riwayat perjalanan ke luar kota dan terdapat gejala-gejala Covid-19 dan dirawat di rumah sakit.

“PDP 3 orang, 2 dari kecamatan jatiluhur yang kini sedang dirawat di Bayu Asih memiliki riwayat perjalan dari J,akarta dan Tanggerang dan 1 orang lagi adalah mahasiswa yang belajar di Jakarta asal Kecamatan Bojong. Sekarang dalam perawatan yang sama di Bayu Asih,” jelasnya.

Baca Juga :  STOK PANGAN DI KABUPATEN SUKABUMI DIPASTIKAN AMAN

Dan untuk yang positif Covid-19, 1 orang asal Kecamatan Pasawahan yang memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri. Dan kini tengah dirawat di Rumah Sakit Rotinsulu, Bandung, dengan kondisi yang sudah mulai membaik.

“Kami telah menunjuk 4 pejabat yang bisa mengeluarkan pernyataan berkaitan dengan perkembangan Covid-19 di Kabupaten Purwakarta, yaitu; Sekda, Kadinkes, Dirut Bayu Asih dan jubir Satgasus Covid-19 Purwakarta Kepala DPKPB,” kata Anne.

 

Upaya Yang Sudah Dilakukan

Anne juga menyebut sejumlah upaya yang telah dilakukan oleh jajarannya diantaranya; RSBA menyediakan 50 persen ruangan rawat untuk antisipasi kasus Covid-19 dan menyediakan ruangan OK untuk persiapan ruangan isolasi.

Baca Juga :  Lawan Covid-19, Desa Girijaya Bekali 35 Set APD untuk 31 RT

Sementara, upaya Dinas Kesehatan adalah menyiapkan ruangan Press Conference, sebagai pintu informasi Pemantauan Percepatan Penanganan Covid-19. Mengirimkan tenaga laboratorium sebanyak 3 orang, sebagai antisipasi pemeriksaan lab dilakukan di Purwakarta dan melaksanakan desinfeksi gedung pelayanan publik.

“Pemda sendiri berupaya terus melakukan sosialisasi Covid-19 baik melalui media sosial maupun media lainnya. Kita juga lakukan desinfeksi disemua Fasilitas Umum serta menyiapkan anggaran melalui pergeseran anggaran melalui BKAD,” demikian Ambu Anne.

Laporan : M.Ridwan(Purwakarta)
Editor : Yossy

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here