Tuntut Sejumlah Haknya Yang Belum Dibayarkan, Buruh PT Tang Mas Cidahu Kembali Demo

Sukabumi, infokowasi.com – Puluhan buruh pabrik Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK) PT Tang Mas, kembali melakukan aksi demonstrasi menuntut sejumlah haknya yang belum dibayarkan pihak perusahaan.

Aksi demo tersebut digelar oleh para buruh di halaman pabrik di Kampung Cikalong, Desa Jayabakti, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Senin (18/5/2020).

Demo buruh PT Tang Mas Cidahu

Ada beberapa poin tuntutan yang kali ini disuarakan oleh buruh, diantaranya buruh menuntut agar perusahaan segera membayar sisa upah buruh pada Bulan Maret 2020 lalu.

“Sisanya tinggal 25 persen lagi yang belum dibayar perusahaan pada upah Bulan Maret. Kira-kira sekitar Rp 700 ribu,” ujar salah seorang buruh yang tidak bersedia diungkap identitasnya kepada infokowasi.com di lokasi demo.

Baca Juga :  Warga Desa Nangerang Lepas Titel Penerima PKH

Lebih lanjut dia juga menuturkan bahwa upah Bulan April 2020 pun hingga sekarang belum dibayarkan. Disaat seperti itu, justru pihak perusahaan malah melakukan pemecatan (PHK) secara sepihak kepada buruh, dan enggan membayar pesangon.

“Gaji Bulan April belum dibayar, tapi perusahaan malah mem-PHK kami dan tidak mau membayar pesangon juga,” imbuhnya.

Demo buruh PT Tang Mas Cidahu
Aparat Kepolisian dan TNI berjaga-jaga di lokasi demo

Selain menuntut agar sisa upah Bulan Maret dan Bulan April segera dibayarkan, buruh juga meminta pihak perusahaan agar membayar iuaran BJPS ketenagakerjaan yang sudah dipotong dari giji disetiap bulannya. Hal itu mengakibatkan buruh tak dapat mencairkan uang BPJS.

Kemudian, selain menuntut sejumlah haknya yang belum diterima hingga saat ini, buruh PT Yang Mas juga menuntut agar pihak perusahaan segera mengeluarkan uanh Tunjangan Hari Raya (THR), mengingat perayaan Idul Fitri tinggal hitungan beberapa hari lagi ke depan.

Baca Juga :  Berdering PBJ, SEKDA "PBJ Harus Memiliki Akuntabilitas Publik yang Baik

Sementara itu dalam orasinya, Ketua Serikat Buruh Sekar TM, Ade Jalaludin menyampaikan tuntutan antara lain :

1. PT. Tang mas wajib membayar upah bulan April, Mei, dan uang THR bagi yang di PHK sebelah pihak;
2. PT Tang Mas harus membayar upah dan THR secara tepat waktu bagi buruh yang masih aktif;
3. PT Tang Mas harus membayar uang pesangon sesuai ketentuan yang berlaku;
4. PT Tang Mas segera menyetorkan uang iuran BPJS Kesehatan yang tiap bulanya sudah dipotong dari karyawan dan
5. PT Tang Mas harus menyetorkan uang iuran BPJS ketenagakerjaan selama 18 bulan yang tiap bulannya dipotong dari karyawan.

Baca Juga :  Info Terbaru (14/5) Data Covid-19 Kota Sukabumi: Positif Bertambah Lagi 3

Dalam aksi itu juga disampaikan bila belum ada jawaban dari pihak perusahaan maka mereka akan melakukan demo selama 3 hari.

Sangat disayangkan dalam aksi demo tersebut tak nampak satupun perwakilan dari pihak perusahan yang menemui pendemo. Namun demikian, sejauh pantauan infokowasi.com, aksi tersebut berjalan kondusif di bawah pengawalan aparat Kepolisian dan Koramil.

Laporan : Cecep
Editor : IK

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here