“Warga Mengecam” GALIAN KABEL OPTIK, DIDUGA MERUSAK PIPA AIR MILIK PERUMDA AIR MINUM TIRTA JAYA MANDIRI

galian optik merusak jalur perumda tirta jaya mandiri
galian optik merusak jalur perumda tirta jaya mandiri

Sukabumi – infokowasi.com. Warga pengguna jalan yang melintasi jalur jalan Leuwigoong – Cibadak mengecam terhadap penggalian kabel serat optik, yang menimbulkan jebolnya pipa milik PERUMDA Air Minum Tirta Jaya Mandiri. Pipa yang jebol tersebut adalah pipa distribusi air untuk kepentingan masyarakat.

Pipa tersebut jebol diduga akibat galian kabel yang dinilai ceroboh, selain jebolnya pipa karena hantaman alat penggali, batu besar bekas galian juga berserakan. Ada sebagian galian yang kedalamannya hanya sedalam telunjuk jari.

Bocornya pipa air milik PERUMDA Air Minum Tirta Jaya Mandiri, imbas dari penggalian kabel serat optik warna hitam. Peristiwa ini terjadi di Jalan Siliwangi dekat jembatan Leuwigoong Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi pada hari selasa kemaren (17/03/20). Akibat dari bocornya pipa mengakibatkan semburan air yang deras hingga meluber ke jalan raya.

Baca Juga :  Gugus Tugas Gabungan Kec. Surade Beserta Relawan Melakukan Aksi Pemeriksaan di Check Point

Menurut salah seorang masyarakat pengguna jalan yang menyaksikan kejadian bocornya pipa PERUMDA Air Minum Tirta Jaya Mandiri, kebocoran ini diakibatkan adanya penggalian kabel serat optik warna hitam.

“Banyak penggalian kabel serat optik yang tidak sesuai dengan aturan yang tertuang di Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 20/PRT/M/2010 Tentang Pedoman Pemanfaatan Dan Penggunaan Bagian-Bagian Jalan, disana tertera bahwa penggalian yang memanfaatkan bagian jalan tidak boleh mengganggu pandangan dan kenyamanan para pengguna jalan, ditambah lagi jarak yang berada di atas atau di bawah tanah ditempatkan di luar bahu jalan atau trotoar dengan jarak paling sedikit 1 (satu) meter dari tepi luar bahu jalan atau trotoar”, Kata Dedy.

Menurut nya lagi bangunan dan jaringan utilitas di bawah tanah harus diletakkan pada kedalaman paling sedikit 1,5 (satu koma lima) meter dari permukaan jalan terendah pada daerah galian atau dari tanah dasar pada daerah timbunan, tapi yang terjadi di lapangan jauh berbeda”, seperti halnya kejadian di jalan Lewigoong ini, kata kang dedi yang mengaku warga cibadak kepada infokowasi.com.

Baca Juga :  Dinilai Lamban Berikan Laporan APBD Percepatan Covid-19, Kemenkeu Tunda DAU

Baca Juga : SEKDA KAB SUKABUMI: RENCANA PEMBANGUNAN CUPGGP SEGERA DIREALISASIKAN

Sontak kejadian ini pun mengundang perhatian para pengendara dan pengguna jalan, terlebih lagi air yang bocor dan batu berserakan hingga mencapai tepi jalan raya, menambah kemacetan di sepanjang jalan Cibadak Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

Iyus Sugiarto selaku Direktur Teknis (DIRTEK) PERUMDA Air Minum Tirta Jaya Mandiri, saat diminta tanggapan pada hari sabtu (21/03/2020), menurutnya, yang kita harapkan para pelaksana galian kabel optik, siapaun pelaksananya seharus memberikan informasi kepada petugas Perumda Air Minum Tirta Jaya Mandiri tentang kegiatan yang mereka laksanakan. Kalau hal ini di biarkan dan tidak memberikan informasi pada kita, tentunya masyarakat dan Perumda yang dirugikan, pelayanan pun akan terhenti dan seolah-olah Perumda membiarkan kebocoran itu, padahal kita tidak menerima informasi.

Baca Juga :  Ketua TP PKK Kab. Sukabumi Bagikan Masker di Pasar Sukaraja

Setelah ada info dari media menurutnya langsung kami informasikan kepada cabang terkait agar secepatnya melakukan perbaikan, dan berkordinasi dengan pelaksana pemasangan kabel optik, agar hal tersebut tidak terulang kembali katanya,

“Harapan kami marilah kita jalin komunikasi, agar tidak satupun yang dirugikan. Karena akibat kejadian seperti ini akan berdampak kepada pelayanan masyarakat pungkasnya, seraya mengatakan Alhamdulillah itu sudah diselesaikan pungkasnya.

Laporan : Wahyu /Heri S (KOWASI)
Editor : Wandi Darmawan

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here