Curug Sedong Desa Langkapjaya Lengkong, Manjakan Pengunjung Dengan Pesona Alami

Infokowasi.com, Sukabumi – 

Beberapa waktu lalu, pernah menyuguhkan informasi tentang Cimanggu Rice Field, berbicara tentang keindahan pemandangan terasering pesawahan, berlokasi di Kampung Cimanggu RT 21 RW 05 Desa Langkapjaya, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, sekitar 2 kilometer dari Patokbesi Lengkong.

Curug Sedong Desa Langkapjaya Lengkong, Manjakan Pengunjung Dengan Pesona Alami

Sebenarnya waktu itu pun sudah terkuak, terselip dalam beberapa perbincangan tentang keberadaan sebuah air terjun, sempat terbersit untuk menelusurinya, namun memang situasi serta kondisi saat itu tidak memungkinkan.

Hari ini baru bisa digali tentang Curug Sedong (Sodong), Alhamdulillah beberapa poin bisa tercatat. Semoga bisa menjadi testimoni.

Baca Juga :  BLT Desa Sukasirna Cair, yang Belum Dapat Jangan Panik
Curug Sedong masih berada di kawasan Cimanggu Rice Field, perlu menempuh jarak sekitar 1,5 kilometer dari wisata terasering, menuju lokasi air terjun, akses jalan pun sudah bisa lalui kendaraan roda dua.

Curug Sedong Desa Langkapjaya Lengkong, Manjakan Pengunjung Dengan Pesona Alami

Letak air terjun yang berada diantara perbukitan, dihiasi rimbunan pepohonan hijau, memberikan pesona serta pemandangan luar biasa, sehingga sudah banyak beredar swafoto pengunjung di media sosial.

Najli Fikri Wahdatil Imam (31) salah saeorang penggiat wisata Cimanggu Alam Lestari memberikan beberapa fakta tentang Curug Sedong.

Baca Juga :  Peringati Hari Bhayangkara Ke-74, Polres Purwakarta Berikan 13 SIM D Gratis kepada Penyandang Disabilitas

Curug Sedong Desa Langkapjaya Lengkong, Manjakan Pengunjung Dengan Pesona Alami

Menurut Najli, Air terjun ini memilik ketinggian sekitar 7 meter, dengan karakter air membentuk curupan. Dibalik curupan tersebut terbentuk cekungan kedalam, warga setempat menyebutnya sedong, hal tersebutlah sehingga air terjun pun dinamai Curug Sedong (sodong).

Cekungan (sedong) tersebut memiliki kedalaman 5 meter, dengan panjang sedong keseluruhan mencapai 20 meter bahkan lebih.

Lebih lanjut Najli memaparkan bahwa air terjun tersebut berasal dari dua aliran sungai di hulu, yaitu Sungai Cirangon dan Sungai Cibunut.

Keadaan air cukup jernih, serta kolam air terjun tidak terlalu dalam relatif aman untuk berenang.

Baca Juga :  Kemendikbud Luncurkan "Nikah Massal" Pendidikan Vokasi dan Dunia Industri

“berenang pun boleh disini, menurut pengalaman kami sudah teruji aman, tidak dalam kok, namun harus tetap hati-hati”, tutur Najli.

Hingga saat ini sudah banyak warga mengunjungi tempat tersebut, seperti pepatah mengatakan, “satu kali mendayung, dua tiga pulau terlampaui”, anda bisa berkunjung ke Curug Sedong sambil menikmati keindahan Cimanggu Rice Field ketika melewatinya.

Laporan  : Robbi Sugara

Editor      : Yudi

 

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here