Dudukuy Buatan Warga Cirambutan Akan Menjadi Aksesoris Si Bolang

Dudukuy Buatan Warga Cirambutan Akan Menjadi Aksesoris Si Bolang
Dudukuy Buatan Warga Cirambutan Akan Menjadi Aksesoris Si Bolang

Infokowasi.com, Sukabumi – Kampung Cirambutan RT 09 RW 02 Desa Panumbangan Kecamatan Jampangtengah Kabupaten Sukabumi, merupakan sentra produksi topi dengan berbahan baku bambu. Hampir seluruh warga bisa membuat topi bambu ini, warga sekitar menyebut topi ini dengan sebutan dudukuy atau tudung.

Tudung merupakan alat keseharian masyarakat dengan fungsi untuk melindungi tubuh terutama bagian kepala, tudung ini bisa dipakai untuk melindungi diri dari terik matahari atau pun dari deras air hujan, sehingga tudung tidak mengenal musim digunakan warga setiap hari saat bekerja di ladang dan sawah.

Dudukuy Buatan Warga Cirambutan Akan Menjadi Aksesoris Si Bolang

Bahan pun terbilang mudah, bambu jenis awi tali merupakan bahan terbaik untuk membuat dudukuy, bahan lainnya adalah paku dan plastik. Satu batang bambu seharga lima ribu rupiah bisa menghasilkan sampai dua puluh buah tudung.

Baca Juga :  Polres Purwakarta Tangkap Pengedar Sabu Sabu Di Ares Desa Cibening

Misbah berprofesi pembuat sekaligus salah satu dari tiga pengepul dudukuy di kampungnya menjelaskan bahwa warga Cirambutan sudah sejak dulu terbiasa memproduksi, bahkan menjadi kerajinan turun temurun, kegiatan sampingan setelah melakukan rutinitas sebagai petani, namun menurut Misbah walaupun menjadi pekerjaan sampingan kegiatan tersebut menjadi andalan, mengingat penghasilan cukup lumayan dan terus berjalan. Produksi dudukuy sudah menjadi ciri khas tersendiri bagi warga Cirambutan.

Dudukuy Buatan Warga Cirambutan Akan Menjadi Aksesoris Si Bolang

Bahkan disaat pandemi pun produksi serta penjualan tidak terganggu dengan grafik stabil. Produksi tudung dalam seminggu setiap satu orang pengrajin bisa menghasilkan dua puluh buah. Harga satuan dari pengrajin disesuaikan dengan ukuran, ukuran kecil dihargai sepuluh ribu, tudung ukuran sedang seharga dua belas ribu rupiah, sementara yang berukuran besar sekitar tiga belas ribu rupiah. Sementara harga eceran dari harga lima belas ribu rupiah sampai dua puluh ribu rupiah.

Baca Juga :  Curug Cikurutug Menemani Malam : Pasang Tenda, Bentangkan Hammockan dan Nyalakan Api Unggun

Hari ini pun ketika bergulir rencana shooting acara Si Bolang Trans7, dudukuy Cirambutan ini menjadi salah satu item yang akan digunakan, dudukuy akan dipakai oleh pemeran Bolang sebagai aksesoris pelindung kepala. Beberapa dudukuy nampak sudah dipersiapkan dengan warna-warna khas Si Bolang.

“Suatu kebanggaan daerah kami menjadi lokasi shooting Si Bolang, terlebih tudung buatan kami bisa dipakai menjadi penunjang, saya berharap kegiatan berjalan lancar, produk kami mudah-mudahan lebih dikenal lagi, kalau kualitas tidak usah diragukan”, ucap Misbah.

Baca Juga :  Pesona dan Sasakala Situ Piit Desa Tanjungsari Jampangtengah

 

Laporan: Robi Sugara
Editor: Wandi

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here