Karyawan PT. Yongjin Tolak THR Dicicil

Karyawan PT. Yongjin Tolak THR Dicicil

Sukabumi, infokowasi.com – Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) bagi pekerja/buruh merupakan tradisi dan sebagai salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan pekerja/buruh dan keluarganya dalam merayakan Hari Raya Keagamaan. Kebijakan ini ditujukan untuk meningkatkan aspek kesejahteraan dan perlindungan bagi para pekerja. Sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016 tentang THR Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan, THR Keagamaan merupakan pendapatan non upah yang wajib dibayarkan oleh pengusaha kepada pekerja/buruh menjelang Hari Raya Keagamaan.

Karyawan PT. Yongjin Tolak THR Dicicil

Namun di tengah pandemi Covid-19 Kemnaker memberi keleluasaan kepada perusahaan yang terdampak Covid-19 bahwa THR bisa di tunda atau cicil, sehubungan dengan wacana perusahaan akan mencicil THR, Selasa, 12/5 Karyawan Pt. Yongjin Java Suka Garment, Desa Benda Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi melakukan aksi Demo, menolak kebijakan Kemnaker, tentang THR bisa dicicil.

Baca Juga :  Info Terbaru (19/5) Data Covid-19 Kota Sukabumi

Karyawan PT. Yongjin Tolak THR Dicicil

Salah satu Karyawan Yongjin ketika di Wawancara infokowasi.com. mengatakan “tuntutan demo ini hanya satu, yakni seluruh karyawan tidak mau THR dicicil, saya pengen THR dibayar Full,”
Lebih lanjut ia menerangkan, perusahaan bisa membayar Full THR, namun setelah Hari Raya Karyawan yang masa kerjanya dibawah 5 tahun akan di rumahkan,” terang Karyawan yang enggan indetitas dirinya di publikasikan.

Usai melakukan mediasi dengan pihak perusahaan, Komisi 4 DPRD Kab Sukabumi Hera yang didampingi Wawan, wakil Komisi 4 DPRD Kab. Sukabumi, menjelaskan, “Pembayaran THR bagi pekerja/buruh ini wajib diberikan sekali dalam setahun oleh perusahaan dan dibayarkan selambat-lambatnya 7 hari sebelum Hari Raya Keagamaan. Keputusan perusahaan THR akan dibayar 100% pada tanggal 20 Mei 2020, tapi gajihan yang biasanya tanggal 5, kali ini akan di bayar pada tanggal 15 selama 3 bulan.

Baca Juga :  Polres Purwakarta Bersihkan Area Pospol Cikopo di Tengah Pandemi Covid-19

Lebih lanjut DPRD meminta bukti, bahwa perusahaan mengalami dampak Covid-19, bila tidak terbukti, perusahaan wajib mengeluarkan THR sebagaimana yang sudah di atur oleh undang-undang,”

Laporan: Wahyu Diansyah
Editor: WD

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here