infokowasi.com, Sukabumi  –Cimanggu Rice Field di Desa Langkapjaya Lengkong  Sebuah kawasan persawahan merupakan lokasi atau tempat beraktifitas para petani untuk memproduksi padi sebagai sumber bahan makanan pokok masyarakat, banyak tahapan yang dikerjakan para petani dalam pengolahan dari awal penanaman hingga panen, namun di masa kini bisa berubah menjadi hal lain, tanpa mengubah manfaat dan fungsi utamanya.

Cimanggu Rice Field Obyek Wisata Potensi Desa Langkapjaya Lengkong

Salah satu contoh sangat nyata yaitu persawahan yang berada di Kampung Cimanggu RT 21 RW 05 Desa Langkapjaya Kecamatan Lengkong. Sekitar 2 KM dari Cilangkap dengan akses roda dua maupun empat sudah mudah dilalui.

Baca Juga :  TP PKK Jampangtengah Serahkan Bantuan Sosial untuk Posyandu Keliling dari Jabar Bergerak

Luasan sawah yang terhampar di atas punggung perbukitan di kawasan Kampung Cimanggu, dengan terapan berundak-undak bertahap membentuk kontur terasering yang luar biasa mempesona.

Cimanggu Rice Field Obyek Wisata Potensi Desa Langkapjaya Lengkong

Tiada Henti Keindahan Persembahan dari Cimanggu Rice Field

Pemandangan alam terbuka landscape persawahan melandai sampai di ujung pandangan tertumpu pada barisan bukit berona hijau dan kebiruan.

Suasana alam yang sejuk, tata letak natural memberikan efek cahaya khas, sehingga memancing pengunjung untuk menatapnya dan betah menikmati keindahan.

Panorama yang bernilai artistik ini sangat digemari pengunjung untuk berswafoto, tak heran juga karena nuansa romantis keindahan alam ini, maka sering dipakai tempat untuk foto pre wedding.

Banyak pula pengunjung mendatangi Rice Field Cimanggu, di area Cimanggu Alam Lestari, menikmati alam sambil ngaliwet.

Cimanggu Rice Field Obyek Wisata Potensi Desa Langkapjaya Lengkong

Pengunjung bisa menikmati spot pada setiap tahap pengolahan sawah, dari awal pembajakan, persiapan pengairan; setelah padi tumbuh menghijau; sampai saat padi menguning sebelum panen raya.

Baca Juga :  PKBM Insan Cerdas "PKBM-nya Para Tahidz Alquran"

Menurut penuturan seorang penggiat wisata Terasering Sawah Cimanggu, Najli Fikri Wahdatil Imam (31), bahwa lahan persawahan yang menjadi wahana wisata tersebut sebagian besar merupakan milik warga Cimanggu dan sekitarnya. Dengan luas mencapai puluhan hektar.Keren, Tak Jauh dari Jakarta, “Cimanggu Rice Field” Objek Wisata di Desa Langkapjaya Lengkong

Kini kesadaran warga semakin meningkat akan Program Pengembangan Wisata Terasering Sawah Cimanggu tersebut, ini bisa terlihat dari antusiasme warga dalam perbaikan akses jalan menuju lokasi.

Laporan  : Robi Sugara

Editor      : Yudi

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here