Keutamaan Berpuasa di Hari Pertama

Keutamaan Berpuasa di Hari Pertama

Infokowasi.com – Rasulullah SAW bersabda : “Sekiranya kalian mengetahui apa yang akan kamu dapatkan di bulan Ramadhan, niscaya kamu akan menambah rasa syukur kalian kepada Allah swt”.

Pada awal malam Ramadhan Allah SWT mengampuni semua dosa yang tersembunyi dan yang terang-terangan, meninggikan beribu-ribu derajat, membangunkan untuk kalian lima puluh ribu kota di surga. (Hari pertama sudah seperti itu, dosa-dosa kita akan diampuni dan ditinggikan derajatnya, jadi jangan sampai kita melewatkan puasa ramadhan).

Perlu diketahui, khususnya bagi umat Muslim. Hal ini selayaknya dipahami, kerena setiap ibadah memiliki keutamaan yang Allah SWT perintahkan. Menurut para ulama, pemahaman terhadap keutamaan dalam melaksanakan setiap kebaikan akan menjadi suatu penyemangat sekaligus akan mendorong untuk meningkatkan ketakwaan seseorang.

Baca Juga :  Rugi Jika Suami Tidak Memeluk Istri Setiap Hari Ketika Tidur, Ini 7 Manfaatnya

Nah, di bulan suci Ramadan ini merupakan kesempatan bagi setiap hamba Allah untuk lebih meningkatkan ketaqwaan. Soalnya, di bulan Ramadan ini memiliki beberapa keutamaan puasa Ramadhan yang bisa kamu dapatkan.

Bulan Ramadhan memiliki beragam keistimewaan yang tidak bisa didapatkan pada bulan-bulan yang lainnya. Untuk itu kamu harus tahu apa saja keutamaan puasa Ramadhan.

Keutamaan menjalankan ibadah puasa Ramadhan yang ternyata memiliki banyak manfaat bagi umat yang menjalankannya.

Puasa di bulan Ramadhan sebagai rukun ketiga dari Rukun Islam. Sebagaimana firman Allah SWT :

Baca Juga :  RADÈN AYU TAN PENG NIO

“Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS. Al-Baqarah: 185).

Juga dalam riwayat Ibnu Umar disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa,
“Islam dibangun atas lima (rukun); Bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah, dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan dan haji ke Baitullah.” (HR. Bukhari Muslim).

Baca Juga :  Menu Buka Puasa Hari ke-9

Dari Berbagai Sumber (RED)

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here