Kisah 3 ABK WNI Selamat dari Covid-19

Kisah 3 ABK WNI Selamat dari Covid-19 - infokowasi

Infokowasi.com – Setelah dua bulan berjuang melawan Covid-19, akhirnya tiga orang WNI ABK kapal pesiar Greg Mortimer bisa bertemu keluarganya di tanah air. Kisah mereka berawal saat kapal Greg Mortimer tempat mereka bekerja terkatung-katung di lautan Pasifik dan Atlantik, tidak dapat izin merapat di beberapa negara karena 100 awak dan penumpangnya terpapar Covid-19.

Pemerintah Uruguay akhirnya membolehkan kapal buang jangkar di tengah laut teritorial Uruguay agar kesehatan mereka dapat dipantau. Para penumpang kapal pesiar yang umumnya warga negara Australia dan Selandia Baru diijinkan mendarat dan terbang kembali ke negaranya. Sementara awak kapal yang tinggal diminta untuk isolasi mandiri.

Baca Juga :  Pemain Profesional Sepak Bola Dunia Positif COVID-19

Rohmat Nurhidayat, salah satu ABK yang terinfeksi sempat memburuk kondisinya dan dilarikan ke rumah sakit di daratan. Setelah sedikit membaik, Rohmat dikembalikan ke kapal lanjutkan karantina mandiri.

Kisah 3 ABK WNI Selamat dari Covid-19 - infokowasi

Setelah beberapa minggu, Pemerintah Uruguay akhirnya ijinkan awak kapal meneruskan karantina di darat. Mereka yg sehat dipisahkan dari yang sakit. Konsul Kehormatan RI utk Uruguay, Bapak Nicolás Potrie Bo atas nama KBRI Buenos Aires mengunjungi mereka dan memberikan paket makanan dan alat sanitasi. Beruntung kontrak kerja yang habis awal Mei 2020 bisa diperpanjang hingga akhir Mei sehingga mereka menerima gaji penuh.

Baca Juga :  LPSK Gandeng Kementerian BUMN Wujudkan Pemenuhan Hak Psikososial Korban Tindak Pidana

Pemerintah Uruguay memprioritaskan repatriasi warga negara asing dan telah menyiapkan protokol kesehatan yang ketat.  Mereka dapat kembali pulang ke tanah air setelah ketiganya tercatat negatif Covid-19. Pada  3 Juni 2020 di tengah cuaca yang cerah, ketiganya didampingi Konsul Kehormatan RI Nicolás dan pejabat Kemlu Uruguay Maximiliano Da Silva Appa, dengan mantap berangkat ke bandara internasional Carrasco / General Cesáreo L. Berisso Montevideo.

Apresiasi setinggi-tingginya bagi seluruh pihak, terutama Menlu Uruguay Ernesto Tavi dan jajarannya yang telah memfasilitasi kepulangan mereka ke tanah air. Selamat jalan para pelaut tangguh Indonesia, semoga sampai di Indonesia dengan selamat!

Baca Juga :  Putra Mahkota Dubai Berbagi Hasil Pengamatan Gerhana Matahari Cincin Api

Sumber: KBRI BuenosAires

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here