Penilaian Akhir Tahun SMPN 1 Jampangtengah Online Realita Era 4.0 di Masa Pandemi Corona

Penilaian Akhir Tahun SMPN 1 Jampangtengah On Line Realita Era 4.0 di Masa Pandemi Corona
Layar tampilan siswa yang mengikuti penilaian akhir tahun on line

Sukabumi, infokowasi.com – Standar Kompetensi Lulusan (SKL) adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Sebagai acuan adalah Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.

Manfaat utama SKL ini adalah, Sebagai batas kelulusan peserta didik pada setiap satuan pendidikan, sebagai rujukan untuk penyusunan standar-standar pendidikan lainnya, Sebagai arah peningkatan kualitas pendidikan secara mendasar dan holistik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Penilaian Akhir Tahun SMPN 1 Jampangtengah On Line Realita Era 4.0 di Masa Pandemi Corona
Nilai otomatis muncul setelah siswa mengakhiri dan mengirim season pengisian soal on line

Standar kompetensi lulusan pada jenjang pendidikan dasar bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, ahklak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Baca Juga :  Targetkan Penyaluran Bansos Lebih Baik, Pemkab Sukabumi Kolaborasi dengan Jabar

Memang sudah seharusnya semua institusi pendidikan melaksanakan dan mengejar standar kompetensi kelulusan ini guna mendapatkan hasil yang maksimal. Berbagai cara dilakukan untuk memenuhi kriteria capaian standar kompetensi lulusan.

Penilaian Akhir Tahun SMPN 1 Jampangtengah On Line Realita Era 4.0 di Masa Pandemi Corona
Tampilan menu di gadget siswa ketika log in season pengisian soal on line
Era 4.0 atau pun karena alasan pandemi Corona, realita hari ini harus menjadi jalan yang tepat untuk memecahkan masalah.

Program yang tidak jauh berbeda dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), program Penilaian Akhir Tahun (PAT) pun dilaksanakan secara online.

SMPN 1 Jampangtengah pun tidak terlepas dari permasalahan di masa pandemi Corona ini, jalan keluarnya PAT online.

Baca Juga :  KABUKTOS SANES KUWAOS 6000 MASKER GRATIS DARI BUPATI SUKABUMI MELALUI LSM DAMPAL JURIG RMB2P PEDULI COVID-19-CORONA
Penilaian Akhir Tahun SMPN 1 Jampangtengah On Line Realita Era 4.0 di Masa Pandemi Corona
Tampilan akun siswa peserta penilaian on line

Oke Ramdani, S.Pd., salah seorang guru SMPN 1 Jampantengah, menuturkan cukup rumit pelaksanaan pembelajaran online seperti ini, apalagi Penilaian Akhir Tahun, yang sifatnya evaluasi pembelajaran, PAT online harus dilaksanakan walau pun keadaan serba susah, Berbagai kendala dihadapi siswa seperti masalah jaringan internet, masalah kuota internet, bahkan ada siswa yang belum memiliki handphone, tuntutan lain menunggu, yaitu harus didapat hasil evaluasi untuk mengukur standar nilai setiap siswa.

Otomatis siswa yang tidak masuk grup kelasnya secara online tidak bisa mengikuti te, dan akhirnya harus mengikuti secara offline.

Baca Juga :  Polsek Kalibunder, Koordinasi Pembentukan Satgas Covid-19 Tingkat Kec. Kalibunder

Oke memaparkan pula keuntungan Penilaian Akhir Tahun secara online seperti ini memudahkan guru dalam menilai karena akan otomatis muncul, setelah diawal disetting pertanyaan dan jawaban serta penyetelan grup siswa perkelas dalam google class room, keuntungan lain bisa dikerjakan dimana saja yang terpenting jaringan internet tersedia.

Laporan: Robi Sugara
Editor: WD

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here