Penyaluran BLT-DD Pemdes Jaya Bakti Kec. Cidahu

Sukabumi, Infokowasi.com – Sebanyak 181 Kepala Keluarga (KK) di Desa Jaya Bakti Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, serahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD), berbentuk uang tunai Rp. 600.000 (Enam Ratus Ribu RupiahRED). Penyerahan langsung dilakukan Kepala Desa Opik, didampingi Sekdes dan Babinsa, Babinmas kepada warga terdampak pandemi Covid-19.

Opik mengatakan kepada Infokowasi.com Selasa (19/5/2020), Total anggaran yang dikucurkan dari DD tersebut sebesar Rp. 108.600.000. Dimana, masing-masing KK dari 6 Dusun di desanya itu menerima senilai Rp. 600.000.

Baca Juga :  Pohon tumbang Jalur Lalu Lintas Sukabumi - Bogor Tersendat

Penyaluran BLT-DD Pemdes Jaya Bakti Kec. Cidahu

“Kita mulai menyalurkan BLT kepada warga terdampak. Total ada 181 KK yang menerima,” ungkapnya.

“Bantuan ini kita salurkan kepada masyarakat sesuai dengan anjuran pemerintah, terhitung mulai April sampai dengan Juni 2020. Kita telah mendatanya secara valid agar tidak tumpang tindih. Semuanya sudah kita pilah, siapa saja penerima bantuan PKH, BPNT maupun Bansos,” jelasnya lagi.

Disamping itu, opik berpesan bagi masyarakat yang merasa dirinya layak mendapatkan BLT bisa disampaikan melalui Ketua RT setempat yang merupakan relawan gugus tugas Covid-19.

Baca Juga :  Covid-19 Purwakarta: ODP dan PDP 8, Positif 6 Orang

Penyaluran BLT-DD Pemdes Jaya Bakti Kec. Cidahu

Sementara Agus Muzamil selaku Sekdes mengimbau masyarakat di wilayahnya yang menerima bantuan terlebih berupa uang tunai agar dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari ditengah wabah virus Corona.

“Bantuan tersebut jangan disalah gunakan, Sebab, tujuan diberikannya jelas untuk menutupi keperluan sehari-hari,”imbuhnya.

Masih menurut Agus Muzamil, “Dari Banprov mendapat 243 KK yang hasil verifikasi 145 KK dan lolos verifikasi hanya 98 KK sudah realisasi dengan total nominal Rp. 500.000 dengan cara 350ribu berupa sembako dan 150ribu uang tunai. Untuk sisa 145 KK lagi dari Banprov sampai saat ini belum realisasi,” Jelasnya.

Baca Juga :  Kades Karang Tengah Sumbang Masker Gratis untuk KOWASI

Sama halnya penyampaian Pak Narto dan Pak Feri selaku Babinsa dan Babinmas, Pihaknya selaku Pembina Desa Jaya Bakti mengharapkan agar Pemdes bisa melakukan pendataan secara benar Rumah Tangga Miskin (RTM) yang layak menerima ditengah terdampak Covid-19.

“Dalam menyalurkan bantuan ini harus melibatkan aparatur desa, BPD, tokoh masyarakat sesuai dengan kesepakatan. Betul-betul ditentukan layak tidaknya seseorang itu mendapatkan bantuan,” harapnya.

Reporter : Deden S
Editor : IK

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here