Penyempurnaan Sistem Penanganan Pandemi COVID-19

Penyempurnaan Sistem Penanganan Pandemi COVID-19

Infokowasi.com – Pandemi Covid-19 menciptakan permasalahan-permasalahan yang bersifat dinamis baik pada level pusat dan daerah. Oleh karenanya, Presiden Joko Widodo menegaskan keharusan Penyempurnaan Sistem Penanganan Pandemi Covid-19 agar keselamatan kesehatan keberlanjutan Hidup Rakyat terjaga.

Pertama, masalah kurva penularan Covid-19 masih belum landai di beberapa daerah harus segera dipecahkan. Presiden mengarahkan agar aspek sumberdaya pendukung sistem penanganan disempurnakan termasuk penambahan personel atau tenaga medis dari pusat ke daerah dan tambahan peralatan-peralatan medis yang dapat membantu penanganan.

Baca Juga :  Peduli Warga Terdampak Covid-19, ACT Bagi-Bagi Sembako ke Sejumlah Kampung

Selain sumberdaya pendukung, Kepala Negara memberi instruksi agar proses menuju adaptasi baru disiapkan melalui mekanisme ketat pengawasan dan panduan yang detail. Struktur kepemerintahan pusat harus memberikan panduan kepada daerah terkait tahapan-tahapan yang harus dilalui sebelum membuka kembali fasilitas publik, dan kegiatan sosial, dan perniagaan.

Kedua, presiden mengarahkan agar sosialisasi penerapan disiplin protokol kesehatan berlangsung secara besar-besaran. Proses sosialisasi harus melibatkan seluruh elemen baik tokoh masyarakat dan agama. Masyarakat harus mendapatkan layanan sosialisasi ini secara sempurna sebagai bagian dari sistem penanganan Covid-19.

Baca Juga :  FOKAL UI: Peduli Serta Berbagi Demi Memutus Rantai Penyebaran dan Penularan COVID-19

Ketiga, Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar pencairan dana yang telah disiapkan dapat dilakukan dengan segera. Prosedur birokrasi harus dipangkas sehingga dana bisa digunakan untuk penyempurnaan sistem respon. Misal, dana untuk bantuan santunan, pembayaran klaim rumah sakit, hingga insentif bagi para tenaga medis.

Kepala Negara mengajak kerja bersama seluruh pihak untuk menyempurnakan sistem penanganan pandemi Covid-19 yang terus menghadapi berbagai dinamika permasalahan. Kunci penyempurnaan sistem tersebut adalah sinergi pelaksana sistem dari pusat sampai daerah.

Sumber:
#BungJubir

Baca Juga :  Kel. Babakan-Kota Sukabumi, Realisasikan BanGub Bagi Warga

Laporan : Dadan Haekal
Editor : Wandi

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here