Rumah Penduduk Ludes dimakan Api

Sukabumi-Surade (infokowasi.com) – Rumah semi permanen berukuran 7 x 14 m2 ludes terbakar. diduga api dari kompor gas yang menyambar cairan bensin, Senin (06/04/2020).

Pasalnya satu rumah tersebut dihuni oleh dua kepala keluarga yaitu milik Udin Jiwo (80) dan Daenuri (30) yang sehari-hari bekerja sebagai Petani dan Wiraswasta di Kp. Cijumre RT. 02 RW. 03 Desa Citanglar, Kec. Surade, Kab. Sukabumi.

Informasi yang dihimpun wartawan dari beberapa saksi di sekitar tempat kejadian Daup (43), Ijum (45) dan Asep Toyib (38) yang melihat di lokasi kejadian.

Kronologis kejadian sekitar pukul 19.30 WIB, pada saat itu Indri Andriyani mengisi/memindahkan bensin dari jerigen besar ke dalam botol air mineral untuk dijual secara eceran, jarak pengisian bensin tidak jauh dengan kompor gas yang sedang memasak, sehingga api dengan seketika menyambar dan merambat ke bagian dinding yang terbuat dari bilik bambu.

Baca Juga :  ODP Ikuti BIMTEK KPU Kabupaten Sukabumi Jelang Pilkada 2020

Indri, saat kejadian dirinya menyelamatkan diri sambil berteriak meminta pertolongan warga sekitar.

Melihat kejadian tersebut warga setempat langsung membantu memadamkan api dengan alat seadanya.

“Pemadaman api sangat dramatis, dikarenakan jalan masuk menuju tempat kejadian sangat kecil, sulit dilalui kendaraan pemadam kebakaran, beruntung banyak warga yang membantu secara gotong royong,” Ujar Solih (saksi mata – red).

Dan saat itu sekitar pukul 19.47 WIB, satu unit kendaraan pemadam kebakaran dari Pos V Kecamatan Surade tiba di lokasi untuk memadamkan api. Selang waktu 15 menit, tiba satu unit lagi kendaraan pemadam kebakaran dari Kec. Jampangkulon tiba di lokasi untuk membantu.

Baca Juga :  Kabaharkam Polri Tinjau Dapur Umum TNI - Polri dan Pemda Kota Tangerang
Akhirnya api berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.45 WIB dengan kondisi bangunan habis terbakar. Dua unit kendaraan pemadam kebakaran diturunkan ke lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman.

Para petugas dengan cepat membantu mengevakuasi korban yang terkena semburan api ke RSUD Jampangkulon dengan menggunakan kendaraan Ambulan Desa Citanglar. Bagi korban lainnya (pemilik rumah) dievakuasi ke rumah tetangga/saudaranya untuk tinggal sementara waktu.

Korban mengalami total kerugian material kurang lebih dari Rp. 200.000.000 (Dua ratus juta rupiah).

Beruntung tidak ada korban jiwa, hanya Indri Andriyani (Istri sdr. Daenuri) mengalami luka bakar sekitar 20% di bagian kaki dan tangan sebelah kanan.

Baca Juga :  Tindaklanjuti Perintah Dandim, Koramil 2202 Palabuhanratu Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Saat ini Anggota Polsek Surade, Anggota Koramil 2214/Surade, Petugas P2BK/Tagana Kec. Surade,  Satpol PP kec surade, Kasi Sosbud Kec. Surade dan Aparat Desa setempat sudah mendatangi lokasi kejadian.

Laporan : Pajampangan (My@Kuncir)
Editor : Wandi Darmawan

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here