Jaling Khawatir Amblas, Swadaya Warga Secara Gotong Royong Solusinya

Jaling Khawatir Amblas Swadaya Warga Secara Gotong Royong Solusinya - infokowasi

SUKABUMI, infokowasi.com – Kelihatannya seperti Jalan Lingkungan (Jaling) yang lainnya, namun karena terletak di Kecamatan Cidahu, maka pasti akan ada bobot berbeda jika dilihat dari fungsi dan volume Kendaraan Roda Dua yang melintasinya.

Seperti halnya Jalan Lingkungan yang menghubungkan antara  Kampung Papisangan dengan Kampung Babakan Jampang, setiap harinya ramai digunakan oleh Pejalan Kaki maupun Pengguna Kendaraan Roda Dua.

Jaling Khawatir Amblas Swadaya Warga Secara Gotong Royong Solusinya - infokowasi

Disaat musim penghujan kali ini, kondisi fisik Jalan Lingkungan ini mengalami kerusakan yang dikhawatirkan akan bertambah parah jika tidak cepat diperbaiki.

Kekhawatiran itu direspons positif oleh Warga Masyarakat RT. 01/RW. 05, melalui musyawarah akhirnya sepakat untuk bergotong royong memperbaiki Jalan Lingkungan dengan Swadaya.

Baca Juga :  Berikut Ini Kriteria Utama Penerima BLT Dana Desa Covid-19 Menurut Mendes PDTT

Emu dan Utadz Kamal selaku Tokoh Masyarakat ketika diwawancarai wartawan infokowasi.com mengatakan, “Melihat kondisi jalan lingkungan sudah kelihatan mau amblas, tanpa sengaja kami musyawarahkan di waktu acara Thawasulan mingguan. Alhamdulillah banyak respons yang baik. Akhirnya kami bergerak untuk donaturan dengan para warga Kp. Cipanas RT. 01/05 Desa Pasirdoton Kec. Cidahu guna kebutuhan material. Nah setelah terkumpul dananya selama satu minggu baru dilaksanakan pengerjaan dengan target 3 hari. Berkat gotong royong warga Alhamdulillah membuahkan hasil,” ucapnya.

Jaling Khawatir Amblas Swadaya Warga Secara Gotong Royong Solusinya - infokowasi

Gotong royong berlangsung secara suka cita, ada sebahagian warga yang menyumbang makanan dan minuman sekemampuannya secara ikhlas.

Beno dan Duyeh di lokasi yang sama menuturkan, “Saya sangat menghargai dan memberi apresiasi kepada warga RT. 01/05 yang begitu antusias dan selalu menjaga kegotongroyongannya. Maka saya dengan rekan-rekan walau beda RT -pun ikut mengerahkan personil membantu bakti memperbaiki Jalan Lingkungan. Dan Sepengetahuan kami jalan lingkungan ini sudah lama hampir 3 tahun belum ada perbaikan lagi, sehingga wajar saja jika warga RT. 01/05 bergerak cepat, apalagi ada kekhawatiran akan mengalami amblas karena kondisinya sudah mulai retak dan bergelombang,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pelaku Home Industry Mulai Diinventarisir oleh Pemerintah Desa Jampangtengah

Mudah-mudahan saja seluruh warga di saat menghadap pandemi Covid-19 diberi kesehatan serta dijauhkan dalam berbagai hal penyakit dan kita berharap kegotongroyongan ini harus tetap terjalin dan terjaga secara terus-menerus dalam situasi dan kondisi apapun. Itu harapan yang infokowasi.com tangkap dari masyarakat yang aktif dalam memperbaiki Jalan Lingkungan tersebut.

Laporan : Deden Tekad
Editor : Wandi Darmawan

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here