Sejarah Singkat Lahirnya May Day

Sukabumi, infokowasi.com – May Day atau hari buruh se-dunia diperingati setiap tanggal 01 Mei dengan mengadakan aksi-aksi damai dari para buruh. Tujuannya menyampaikan aspirasi dari buruh ke Pemerintah.

Sejarah hari buruh bermula dari sebuah unjuk rasa pada 1 Mei 1886 di Haymarket, Chicago, Amerika Serikat (AS). Sekitar 30 ribu pekerja di Chicago turun ke jalan bersama anak-anak serta istri, membuat kota lumpuh.

Aksi ini menjadi salah satu yang terbesar, dan berujung bentrok antara buruh dan polisi sehingga menewaskan empat orang.

Baca Juga :  Warga Berstatus OTG, ODP dan PDP di Purwakarta Terus Berkurang

Untuk menghormati mereka yang tewas, Konferensi Sosialis Internasional menetapkan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh Internasional. Di AS, Hari Buruh ditetapkan sebagai hari libur nasional pada tahun 1894.

Peristiwa yang terjadi pada tanggal 1 Mei itu, kemudian dikenang sebagai aksi perlawanan buruh melawan para pemilik usaha. Sejak saat itulah, setiap tanggal 1 Mei diperingati sebagai Hari Buruh Internasional.

Sedangkan di Indonesia mulai memperingati May Day sejak 1920, akan tetapi sejak pemerintahan Orde Baru peringatan May Day menjadi hal yang dilarang di Indonesia, karena gerakan buruh di kaitkan dengan gerakan dan faham Komunis yang sejak peristiwa G30S/PKI pada tahun 1965 menjadi terlarang di Indonesia.

Baca Juga :  Mengenal Sosok Juara MTQ Tingkat Kabupaten Sukabumi dari Jampangtengah

Setelah era Orde Baru, setiap tanggal 1 Mei kembali marak dirayakan sebagai hari buruh di Indonesia dengan demonstrasi diberbagai kota.

Aksi ribuan buruh di Indonesia kembali terjadi usai masa reformasi, tepatnya pada 1 Mei 2000. Saat itu aksi mogok para buruh berlangsung selama 1 minggu penuh, membuat para pengusaha ketar-ketir. Barulah pada tahun 2013, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan 1 Mei sebagai hari libur nasional.

Akan tetapi dengan adanya pandemi virus covid-19 yang melanda dunia saat ini, hampir semua negara melarang diadakannya aksi-aksi untuk memperingati May Day tahun ini.

Baca Juga :  YFSBBP Berikan Santunan Dan Bagikan Sembako Bagi Anak Yatim Dan Jompo

Demikian sejarah singkat lahirnya May Day atau Hari Buruh Internasional.

Laporan : Dadan Haekal
Editor : Wandi

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here