Senin Depan Kemensos Salurkan Bansos Sembako Presiden Se Jabodetabek

Senin Depan Kemensos Salurkan Bansos Sembako Presiden Sejabodetabek

Infokowasi.com – Kementerian Sosial (Kemsos) akan mulai menyalurkan bantuan sembako Rp 600.000 per bulan kepada 1,9 juta keluarga di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) pada, Senin 20 April 2020 mendatang.

Sekretaris Jenderal Kemensos Hartono Laras mengatakan, bansos sembako ini sesuai instruksi Presiden Joko Widodo untuk membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19. Bansos akan diberikan kepada 1,3 juta keluarga di DKI Jakarta dan sekitar 600.000 keluarga di Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek).

“Setiap paket sembako bernilai Rp 600.000 dan akan disalurkan ke 1,3 juta keluarga di DKI dan 600.000 keluarga di Bodetabek,” kata Hartono dalam konferensi pers virtual di Kantor Kemsos, Jakarta, Jumat (17/4/2020), seperti dirilis dalam chanel youtube infokowasi TV.

Baca Juga :  PSBB di Bodebek Disetujui Menkes

Terkait penyaluran bansos sembako Presiden, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemsos Pepen Nazaruddin menyebut, bansos sembako yang akan disalurkan ke 1,9 juta keluarga di Jabodetabek akan diberikan selama tiga bulan, mulai April hingga Juni 2020.

Nantinya dalam satu bulan, setiap keluarga akan menerima dua kali bantuan masing-masing Rp 300.000 per paket. Artinya selama tiga bulan akan menerima enam kali paket sembako.

“Paket sembako ini berisi beras, minyak goreng, sarden, kornet, mie instan, teh celup, kecap manis, sambal botol, susu UHT dan sabun mandi. Nilainya dalam satu paket dan satu kali penyaluran Rp 300.000. Sebulan akan terima dua kali totalnya Rp 600.000,” ujar Pepen..

Baca Juga :  14 Mobil "Diusir" Petugas Chek Point PSBB di Terminal Benda

Bansos ini bertujuan memenuhi kebutuhan dasar keluarga miskin dan rentan terdampak Covid-19 agar tidak mudik. Anggaran yang dialokasikan mencapai Rp 3,42 triliun.

Teknis penyaluran bansos sembako yang akan diluncurkan Presiden tersebut dilakukan Kemsos dengan menggandeng PT Pos Indonesia yang dilengkapi aplikasi khusus yang melibatkan ojek online untuk distribusi langsung ke setiap rumah tangga penerima. Pola penyaluran ini untuk menghindari kerumunan dan mematuhi aturan protokol kesehatan dan pembatasan sosial skala besar.

Pepen juga menambahkan, data keluarga penerima bantuan juga didapat Kemensos dari pemerintah daerah calon penerima bansos.

Baca Juga :  Jelang PSBB, 18.186 Paket Sembako Dibagikan untuk Warga Kelurahan Penjaringan

Sementara itu untuk penyaluran bansos tunai untuk daerah di luar Jabodetabek dengan Rp 600.000 per keluarga selama tiga bulan juga akan segera disalurkan kepada hampir 9 juta keluarga.

Selanjutnya, apabila keluarga penerima tidak ditemukan karena hal-hal tertentu, maka sembako diserahkan ke Suku Dinas Sosial melalui lurah dengan surat pernyataan tanggung jawab mutlak. Bansos kemudian diserahkan oleh Suku Dinas Sosial kepada keluarga pengganti yang layak menerima bansos.

Laporan : Iwa Kuswara
Editor : Yossy

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here