Surat Edaran Penutupan Akses Jabodetabek, Kemenhub: “Surat Edaran BPTJ Hanya Rekomendasi”

Surat Edaran Penutupan Akses Jabodetabek, Kemenhub:

 

Jakarta, infokowasi.com – Terkait beredarnya surat edaran yang diterbitkan oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) yang menimbulkan polemik penutupan akses dan transportasi di Jabodetabek, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) angkat bicara.

Surat Edaran Nomor SE 5 BPTJ Tahun 2020 yang diberlakukan mulai 1 April 2020 tersebut dirilis menyusul dikeluarkannya Peraturan Pemerintah No. 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Surat Edaran Penutupan Akses Jabodetabek, Kemenhub: "Surat Edaran BPTJ Hanya Rekomendasi"
Gambar ilustrasi: Penutupan sementara Pintu Tol Jabodetabek

“Surat Edaran tersebut bertujuan memberikan rekomendasi kepada daerah apabila sudah dikategorikan sebagai daerah yang diperkenankan untuk melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dapat melakukan pembatasan penggunaan moda transportasi untuk mengurangi pergerakan orang dalam upaya memutus rantai penyebaran covid-19,” kata Kementerian Perhubungan melalui Juru Bicaranya Adita Irawati dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/4/2020).

Baca Juga :  Bupati Purwakarta Kukuhkan 309 CPNS jadi PNS Via Vicon

Lebih lanjut kata Adita, sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 21 Tahun 2020, untuk dapat dikategorikan sebagai wilayah PSBB daerah terlebih dahulu harus mendapatkan persetujuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Dengan demikian jika belum secara resmi mendapatkan persetujuan Kemenkes mengenai status PSBB Daerah belum dapat melakukan pembatasan transportasi.

“Sebaliknya bagi wilayah di Jabodetabek yang sudah berstatus PSBB, Surat Edaran BPTJ Nomor SE 5 Tahun 2020 dapat menjadi pedoman untuk melakukan pembatasan moda transportasi,” imbuhnya.

Laporan : Iwa Kuswara
Editor : Yossy Suryadi

Baca Juga :  Kemenag Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh Pada Hari Jumat 24 April 2020

 

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here