Tanggapan BKPSDM Kab. Sukabumi Terhadap Surat Edaran LAN RI

Tanggapan BKPSDM Kab. Sukabumi Terhadap Surat Edaran LAN RI
Kepala BKPSDM Kab. Sukabumi Ade Suryaman, S.H., M M.

Sukabumi, infokowasi.com – Salah satu isu strategis pembangunan Kabupaten Sukabumi Tahun 2016-2021 adalah pemberdayaan masyarakat yang berkualitas dan berdaya saing. Hal ini menekankan bahwa potensi sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu faktor kunci dalam melaksanakan reformasi global pembangunan daerah.

Pemerintah perlu memberikan perhatian khusus dalam menciptakan SDM yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi dalam persiangan global sehingga mampu meningkatkan kapabilitas pembangunan.Sehubungan hal tersebut, kemampuan suatu daerah untuk berdaya saing tinggi adalah kunci bagi tercapainya kemajuan dan kesejahteraan masyarakat baik bidang sosial maupun ekonomi.

Memiliki SDM yang berkualitas dan berdaya saing tinggi akan menjadikan Kabupaten Sukabumi siap menghadapi segala tantangan globalisasi dan mampu memanfaatkan segala peluang yang ada yang lebih besar dalam mengembangkan kesejahteraan sosial ekonominya.

kebutuhan pengembangan SDM tidak hanya untuk masyarakat secara umum tetapi juga aparatur pemerintah. Pengembangan dan peningkatan kompetensi SDM aparatur dewasa ini semakin penting seiring dengan dinamika tuntutan masyarakat, penyelengaraan pemerintahan daerah yang semakin komplek, perubahan kebijakan dan linkungan strategis, perubahan paradigma pemerintahan (Good Governance public service excellent), serta globalisasi seperti integrated economic (MEA, ACFTA, WTO).

Baca Juga :  Surat Edaran Disdik Kabupaten Sukabumi - Kegiatan Belajar Mengajar pada Satuan Pendidikan di Kabupaten Sukabumi.
Kondisi tersebut akan berdampak buruk bagi negara jika pelaku-pelaku pembangunan di Indonesia memiliki tingkat kapabilitas sumber daya manusia yang rendah. Dengan kapabilitas aparat yang tidak mampu mendorong daya saing masyarakat dan tidak mampu melindungi masyarakat.

Keberadaan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia sebagai lembaga yang dibentuk untuk melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan di bidang kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia, dituntut untuk mampu berperan dalam pengelolaan sumber daya aparatur,sehingga mampu memberdayagunakan seluruhpotensi yang ada dan meningkatkan kompetensi aparatur sipil negara.

Untuk itu kiranya perlu disusun perencanaan strategis yang terukur dan terarah, yang dituangkan dalan Rencana Strategis Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sukabumi Tahun 2016-2021. Dalam penyusunan Renstra mengacu kepada arah kebijakan sebagaimana tertuang dalam RPJPD Tahun 2005-2025 dan RPJMD Tahun 2016-2021.

Baca Juga :  Inilah Penampakan Surat Ijin Keluar Masuk DKI Jakarta

Dalam keadaan pandemi Covid-19, Kepala BKPSDM Kab. Sukabumi Ade Suryaman, S.H., M M., telah melakukan hal-hal penyesuaian serta perubahan dalam sekala yang lebih adaptif antisipatif tanpa harus merubah strategi pencapaian visi dan misi Kab. Sukabumi.

Seluruh jajaran BKPSDM Kab. Sukabumi terus-menerus mensosialisasikan semua perkembangan terbaru dalam rangka ikut serta mencegah penyebaran Covid-19 dan terjaganya kualitas SDM yang baik di Kab. Sukabumi.

Disaat sedang banyak yang bekerja di rumah dan belajar di rumah dan tidak melakukan kegiatan pendidikan atau pelatihan seperti biasanya lagi, BKPSDM Kab.Sukabumi telah menggunakan sistem e-learning demi menjaga dan meningkatkan SDM Kab. Sukabumi sesuai dengan kewenangan yang dimiliki.

Menyikapi Surat Edaran dari Lembaga Administrasi Negara
Republik Indonesia nomor : 10/K.1/HKM.02.3/2020
Tentang
Panduan Teknis Penyelanggaraan Pelatihan
Dalam Masa Pandemi COVID-19,
melalui Kabid PSDM BKPSDM Kab. Sukabumi Nuryamin, S.E., yang disampaikan kepada infokowasi.com, bahawa Kepala BKPSDM Kab.Sukabumi mengatakan, “Kami sudah siap dengan semua apa yang termaktub dalam Surat Edaran itu. Apalagi bahwa e-learning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi dalam proses belajat mengajarnya. Sistem Pembelajaran yang digunakan sebagai sarana untuk proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka secara langsung antara guru dengan siswa.
harus tetap dapat belajar mandiri di rumah dengan kualitas yang baik, layaknya disaat bertatap mukanya siswa dengan guru secara langsung. E-learning siatem edukasi daring yang simple dan efektif. Carilah Ilmu sebanyak-banyaknya bahkan sampai ke tempat yang jauh sekalipun. Pendidikan itu memang menjadi hal yang sangat penting bagi manusia. Semakin tinggi tingkat pendidikan akan semakin tinggi peluang kesejahteraan hidup yang dapat dicapai”.

Baca Juga :  Hadapi New Normal, TNI Polri di Kota Serang Disiplinkan Pengunjung Mall Of Serang

Untuk slengkapnya buka link dibawah ini

SE Kalan PEDOMAN TEKNIS PELATIHAN COVID 19 final BHH 230320

Lampiran SE Kalan PEDOMAN TEKNIS PELATIHAN COVID 19 final BHH PEK 230320 SIANG Layout (1)

(RED)

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here