Terapi Aroma Minyak Sereh Wangi Warga Cilawang Jampangtengah

Terapi Aroma Minyak Sereh Wangi Warga Cilawang Jampangtengah

Infokowasi.com, Sukabumi – Aroma Terapi dari Asiri berbahan dasar Sereh Wangi mengilhami Jaenudin (57) warga Kampung Cilawang RT 01 RW 03 Desa Jampangtengah, Kecamatan Jampangtengah Kabupaten Sukabumi.

Dia berusaha mewujudkan Asiri untuk menjadikan lahan pekerjaan tanpa harus ke luar kota dan bisa menyesuaikan dengan waktu serta beban kerja tidak terlalu berat sebanding usianya.

Satu tahun berlalu Jaenudin memutuskan membuat sebuah terobosan, menggarap lahan HGU sebuah perkebunan tidak jauh dari tempat tinggalnya dengan keadaan nyaris terbengkalai.

Terapi Aroma Minyak Sereh Wangi Warga Cilawang Jampangtengah

Mengingat keadaan lahan cukup subur dengan disertai perawatan baik dan telaten dari Jaenudin, maka dalam jangka waktu lima bulan setelah penanaman, Sereh Wangi sudah bisa diolah dan diproses.

Baca Juga :  Jaga Stok Darah Masa Pandemi Covid-19, H. Marwan Hamami Donorkan Darah

Pengerjaan pun masih mandiri, hanya terkadang dibantu anaknya.

Tidak mudah memang proses pengolahan Sereh Wangi menjadi produk yang diinginkan, tahapan cukup panjang dari pengambilan di kebun dengan cara dipangkas, dimasukkan karung, lalu diangkut menggunakan sepeda motor.

Terapi Aroma Minyak Sereh Wangi Warga Cilawang Jampangtengah

Lahan budidaya Sereh Wangi milik Jaenudin berkisar luasan sekitar 3 hektar, sementara areal sudah siap panen sekitar 1 hektar.

Bibit menggunakan bibit unggul pembelian dari daerah Bogor dengan harga Rp. 500,- perbatang.

Menurut Jaenudin, hasil akhir setiap produksi baru bisa mencapai bersih 10 Kg minyak Sereh Wangi dari sekitar 1,7 ton bahan baku daun Sereh Wangi.

Baca Juga :  Wow! PEH Temukan Seekor Elang Jawa Muda Gunung Ciremai

Untuk Pemasaran tetap yaitu kepada rekanan bisnisnya di daerah Bogor.

Terapi Aroma Minyak Sereh Wangi Warga Cilawang Jampangtengah

Setiap kilogram minyak Sereh Wangi produksi Jaenudin dihargai dengan Rp. 275.000,-perkilogram, namun terkadang bisa turun sampai Rp. 150.000,- perkilogram.

Selain penjualan secara langsung, Jaenudin pun menjual minyak buatannya secara eceran kepada warga sekitar ketika membutuhkan, Minyak Sereh Wangi bisa dimanfaatkan menjadi sejenis aroma terapi, obat nyamuk, obat masuk angin, obat urut pegal linu, dan lain-lain.

Proses Penyulingan

Ketika ditanya kaitan permodalan Jaenudin memaparkan bahwa usahanya sudah mendapat bantuan dari Pemerintah Desa Jampangtengah.

Baca Juga :  Kecamatan Pabuaran Gelar Musyawarah Olahraga dan Bentuk Pengurus KOK

Senada hal itu Kepala Desa Jampangtengah H. Agus Jayadi Ramli, S.Hut. membenarkan. Agus menuturkan bahwa untuk usaha pengolahan Sereh Wangi, milik Jaenudin, pihaknya memberikan bantuan berupa peralatan penyulingan.

Areal memadai dan cocok untuk Asiri

Agus pun berharap kedepan usaha yang dirilis Jaenudin bisa berkembang dan ikut mendongkrak taraf perekonomian Desa Jampangtengah.

“Semua perlu proses yang penting jalan, ada kemauan dan ulet pasti bisa berhasil,” tutur Agus.

“Pemerintah selalu mendukung walau tidak bisa besar-besaran, karena sektor lain juga harus ada progres, jadi semua harus bertahap,” pungkas Agus.

Laporan : Robi Sugara
Editor : Wandi

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here