Usaha Tahu Gurilem Desa Cijulang Bertahan di Tengah Wabah Corona

Sukabumi, infokowasi.com – Tahu merupakan salah satu komoditi yang meniadi primadona di tengah masyarakat, selain harga yang terjangkau rasanya juga nikmat, bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan sesuai selera.

Supyana (44), seorang warga Kampung Cibojong RT 02 RW 01, Desa Cijulang Jampangtengah, sudah menggeluti usaha pembuatan tahu semenjak 31 Januari 2017. Sudah cukup di kenal di wilayah Desa Cijulang, usaha Tahu Gurilem Sarongge. Sampai saat ini usaha yang dirintisnya sudah memiliki 10 orang mitra sebagai penjual atau pengedar, usahanya pun sudah bisa memasarkan sebagian produknya ke Pasar Purabaya.

Baca Juga :  Satgas Raider 300 Berikan Pertolongan Pertama kepada Masyarakat
Proses pengolahan tahu Gurilem Sarongge

Supyana pun menjelaskan usaha tahu Gurilem Sarongge miliknya menghasilakan 8.250 buah tahu perharinya. Dari bahan baku Kacang Kedelai 150 Kg, 7 Kg garam, dan 3 Kg Kunyit, saat ini diperkirakan mampu menyuplai kebutuhan tahu di Desa Cijulang dan sekitar ungkapnya. Penjelasannya pula bahwa ke depan Ia berharap usahanya bisa berkembang dan menambah jenis produk lain yaitu tempe.

Proses pengolahan tahu Gurilem Sarongge

Saat ini ia pun mengeluhkan susahnya mendapatkan Kacang Kedelai sebagai bahan baku, belum lagi harganya yang merangkak naik, mungkin sebagai dampak dari wabah Corona. Ia pun berharap semua kembali normal.

Baca Juga :  Masyarakat Cibaregbeg Dambakan Perbaikan Jembatan Putus

Ketika ditanya mengenai bantuan, Supyana menyatakan bahwa masih menggunakan modal sendiri belum ada penyertaan modal dari pihak lain atau pun dari pemerintah.

Laoran : Robi Sugara
Editor : IK

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here