Wow Harga Ayam di Peternak Sukabumi Anjlok

Wow Harga Ayam di Peternak Sukabumi Anjlok

Sukabumi, Infokowasi.com – Dampak dari wabah Penyebaran Virus Corona (COVID-19) di Indonesia menyebabkan harga ayam di peternak anjlok. Ternyata dengan adanya physical distancing, permintaan pasar terhadap kebutuhan akan pasokan ayam turun drastis.

Harga ayam disalah satu peternak yang ada di Wilayah Kabupaten Sukabumi hampir semua  menyentuh level Rp 7.000 sampai dengan 11.000 per kg berat hidup. Jauh di bawah biaya pokok produksi sekitar Rp 18.000 ungkap Kepala Bidang Pembibitan dan Produksi Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi Deulis.

Menurut Deulis ketika ditemui infokowasi.com, menjelaskan kenapa harga ayam bisa anjlok, itu disebabkan karena pihak dari restoran dan hotel sepi pesanan, dampak dari wabah COVID-19. Hal ini menjadikan harga ayam berkisar Rp 7000 s/d Rp 11.000 per kg berat hidup. Biasanya harga ayam turun diangka Rp 18.0000 per kilo berat hidup, ini hampir 50 persen turun.

Baca Juga :  GOLKAR Peduli Lawan COVID-19, Tenaga Medis Dapat Bantuan APD

Masih menurut Deulis, penumpukan DOC (Day Old Chicken) juga terjadi di Hatchery. Bukan  itu saja ada hal yang sangat unik, yaitu salah satu perusahaan ayam besar hingga menjajakan daging ayam ke rumah-rumah masyarakat, yang ditawarkan  melalui armada truk dengan menjual ayam per ekornya Rp 25.000. Disebutkan Deulis saat ini, peternak skala UMKM di Sukabumi merugi hampir ratusan juta rupiah ungkapnya Senin (6/4/2020).

Wow Harga Ayam di Peternak Sukabumi Anjlok

Terakhir dikatakan Deulis, dalam kesempatan ini  diharapkan Pemerintah bisa membantu peternak dengan memfasilitasi distribusi  ke tingkat konsumen yang stoknya berlebih ini. Nantinya, ayam itu bisa dikucurkan dalam program operasi pasar jelasnya.

Baca Juga :  Pohon tumbang Jalur Lalu Lintas Sukabumi - Bogor Tersendat

Laporan : Dodi S
Editor : Wandi Darmawan

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here