Acep Engkus Perihal Persetujuan FIFA Tentang Pergantian Pemain Pengganti dari 3 Manjadi 5

Sukabumi, infokowasi.com – Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) pada April 2020 lalu telah mengusulkan penambahan jatah pergantian pemain. Penambahan kuota pergantian diusulkan guna menjaga kebugaran pemain di tengah jadwal padat ketika sepakbola bergulir kembali usai wabah pandemi Covid-19.

Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB) pun akhirnya merestui usulan penambahan jatah pergantian pemain tersebut. Setiap tim kini berhak mengganti pemain hingga lima kali sepanjang 90 menit pertandingan. Modifikasi aturan tersebut berlaku secara temporer alias hingga jangka waktu tertentu.

Coach Acep
Coach Acep Engkus bersama tim pertamanya PS Siliwangi Cicurug

Aturan baru itu bisa segera diberlakukan dan diadopsi oleh asosiasi negara anggota FIFA. Namun, mereka dibebaskan untuk mengadopsi aturan baru itu atau tidak. IFAB dan FIFA rencananya akan membahas apakah jatah pergantian lima pemain harus diperpanjang hingga 2021 atau tidak.

“Semakin banyak jatah pergantian diharapkan dapat menjaga kebugaran pemain. Sebab, jadwal pertandingan yang bisa saja tiga hari sekali hingga selesainya kompetisi domestik musim 2019-2020, dapat membuat pemain rentan cedera atau mengalami gangguan psikologis,” ujar Acep Engkus salah seorang pelatih sepak bola senior asal Sukabumi, Jawa Barat ketika dikonformasi infokowasi.com melalui sambungan telepon, Senin (11/5/3020).

Baca Juga :  PK KNPI Kecamatan Parakansalak Lakukan Penyemprotan COVID-19
Coach Acep
Coach Acep Engkus Bersama Sani Rizky F (Pemain Timnas asal Cicurug) dan Denis dkk (Kapten PS Persikabumi 2008/Div II)

Lebih lanjut, pelatih sepak bola yang sudah malang melintang selama 35 tahun lebih di dunia si kulit bundar itu mengatakan, bahwa dirinya cukup menyambut baik dengan adanya regulasi baru dari FIFA walaupun menunurutnya aturan itu masih bersifat tentatif. Artinya bisa diberlakukan atau tidak oleh organisasi persepakbolaan di berbagai negara anggota FIFA termasuk Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

“Sebagai pelatih saya juga melihat banyak keuntungan dalam aturan itu, seperti misalnya kita bisa menghemat dan memilah-milah pemain, mana pemain yang mempunyai prioritas dan mana yang tidak dengan lima pemain pengganti tersebut. Kemudian, kita juga bisa meminimalisir cidera pemain,” lanjut Coch Acep.

Baca Juga :  Kangen Water, dengan 10 Ribu Saudara Kita Bisa Terbantu

Sementara itu pria asal Sukabumi, Jawa Barat yang kini menjabat sebagai Head Coach club sepak bola Erlangga di Jakarta, berharap kepada federasi FIFA agar bukan hanya mengeluarkan aturan lima pemain penggati saja, akan tetapi mengenai pengaturan “water break” pun sebaiknya ditambah menjadi minimal dua kali. Karena menurutnya dalam tempo 2 X 45 menit ditiap pertandingan, resiko pemain terkena dehidrasi sangat tinggi.

Coach Acep
Coach Acep Engkus (kiri) bersama Sani Rizki Fauzi (kanan)

Kemudian terkait jadwal latihan dalam masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, pelatih yang pernah melambungkan nama pemain bola asal kampung halamannya sendiri, Cicurug, Sukabumi menjadi salah satu pemain Timnas Indonesia yaitu Sani Rizki Fauzi itu pun mengatakan, bahwa di club asuhannya jadwal latihan lebih kepada teknik dan teori saja. Itu pun dilakukan melalui daring, sebab hal tersebut mempertimbangkan aturan social atau physical distancing.

Baca Juga :  HIMPAUDI Jampangtengah Gelar Halal Bihalal sekaligus Pisah Sambut Pengawas PNF

“Dalam situasi seperti sekarang ini, intinya jika kita punya cita-cita merajut karir di sepak bola, ya kita harus fokus dan serius. Karena setiap waktu, dunia sepak bola itu berubah. Kita juga harus mengikuti arah perubahan itu. Harus mempunyai inofasi dan mempunyai inisiatif, artinya tidak hanya menggantungkan kepada pelatih semata. Bisa dengan membuka chanel youtube atau lainnya untuk menambah wawasan dalam hal teknik dan lainnya,” saran Coach Acep.

Baca juga : “MESSI” PUTRI DARI KABUPATEN SUKABUMI

Laporan : Iwa K
Editor : IK

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here