Antisipasi Permasalahan Bansos, Ini Langkah Pemerintah Desa Cijulang

Diharapkan segera ada rapat koordinasi (rakor) antarlembaga untuk atasi permasalahan bansos.

Sukabumi, infokowasi.com – Setelah diperkiran satu periode pelaksanaan pemberian bantuan sosial oleh pemerintah berjalan, masih banyak warga yang mengeluhkan belum menerima bantuan.

Sungguh hal yang ironis dan menjadi pekerjaan yang sangat penting bagi pemerintahan desa untuk menyelesaikannya

Ketua BPD Cijulang, Subarna memaparkan sekitar 2.943 KPM sudah menerima bantuan dari berbagai jenis bantuan.

Tercatat data penerima Bansos Non DTKS 191 KPM, Bansos Provinsi 570 KPM, BLT DD 205 KPM, HIMBARA 58 KPM, BST Kabupaten 146 KPM, perluasan 370 KPM. Ditambah dengan BPNT 754 KPM serta PKH Reguler 609 KPM.

Baca Juga :  Sukabumi

Namun, Subarna menyayangkan belum diterimanya Bantuan Sosial Tunai (BST) pusat di Desa Cijulang, sedangkan desa lain di Kecamatan Jampangtengah sudah mencairkan.

Untuk BST Pusat, Kepala Desa Cijulang, Asep Sunandar menjelaskan awalnya sudah muncul by name 4.663 KK sebagai KPM di Kecamatan Jampangtengah, asumsi per desa 420 KK.

Namun menurut Asep, berdasarkan hasil koordinasi pihaknya dengan Dinsos Kabupaten Sukabumi, tipis kemungkinan BST Pusat akan turun untuk Desa Cijulang, mengingat sesuai fakta di lapangan di Kabupaten Sukabumi, dari 47 Kecamatan yang menerima BST Pusat hanya 28 Kecamatan, dalam 28 Kecamatan tersebut pun tidak semua desa menerima, demikian di Kecamatan Jampangtengah dari 11 desa baru 5 desa menerima BST Pusat.

Baca Juga :  Matinya PDAM Cabang Jampang Kulon, PDAM Pusat Perlu Turun Tangan

Sementara Sukandi selaku Pendamping Desa Cijulang, mengharapkan lembaga desa bisa mengawasi perjalan realisasi semua jenis bantuan sosial di lapangan, termasuk mengantisipasi berbagai permasalahan.

Laporan : Robby Sugara

Editor : Martin

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here