Apa itu Yogurt dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Apa itu Yogurt dan Bagaimana Cara Membuatnya?

infokowasi.com, Sukabumi 

Apa itu Yogurt dan Bagaimana Cara Membuatnya?


Yogurt adalah produk susu populer yang dibuat dari fermentasi bakteri susu. Bakteri yang digunakan untuk membuat Yogurt biasa disebut sebagai “kultur yogurt,” yaitu bakteri yang memfermentasi laktosa, gula alami yang ditemukan dalam susu.


Proses fermentasi akan menghasilkan asam laktat. Zat inilah yang akhirnya membuat protein susu menjadi mengental, dan juga memberi rasa dan tekstur yang unik.

Yogurt sendiri dapat dibuat dari semua jenis susu. Untuk jenis yang terbuat dari susu skim tidak akan mengandung lemak, sedangkan untuk yang terbuat dari susu murni kandungannya penuh akan lemak.

Baca Juga :  Siaran Pers : Peringatan Hari Buruh Se-Dunia 2020


Banyak orang mengonsumsi yogurt namun tidak banyak orang tahu bagaimana asal mula dan bagaimana yogurt dikaitkan dengan kesehatan.

Secara umum telah disepakati di antara sejarawan bahwa yogurt dan produk susu fermentasi lainnya ditemukan secara tidak sengaja sebagai akibat dari susu yang disimpan oleh metode primitif di iklim yang hangat.

Popularitas yogurt melonjak di tahun 50-an dan 60-an dengan adanya booming budaya makanan kesehatan dan sekarang tersedia dalam banyak jenis untuk memenuhi setiap selera dan gaya hidup.


Rita Harlina pemilik SELVIRA CAKE ,asal Parungkuda salah satu Peserta LATBAR (Latihan Bareng) di salah satu komunitas Penggiat Resep Kuliner MBS di kota sukabumi, menyampaikan bahwa proses pembuatan yogurt bisa dibilang sederhana, yang penting kita harus pandai memilih bahan baku yang berkualitas bagus dan higienis serta pandai memilih kemasan,sehingga selain minuman kesehatan juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat yogurt.

Baca Juga :  PNS Dimungkinkan Pensiun Dini, Ada Beberapa Lembaga Negara Dibubarkan


“Sehubungan proses yang sederhana itu maka dimungkinkan ibu rumah tangga pun dapat berpenghasilan alternatif dari pembuatan yogurt sebagai komoditas home industri,” tandas Rita saat ditemui pewarta infokowasi.com.

 

SALE ASAP Bapak Enad

Editor  : KR.LUPUS



Print Friendly, PDF & Email
Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here