BLT Desa Sukasirna Cair, yang Belum Dapat Jangan Panik

Sukabumi, InfoKowasi.Com – Bantuan Langsung Tunai (BLT) dampak Covid -19 yang bersumber dari Dana Desa (DD) cair hari ini di Desa Sukasirna, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

Sebelumnya penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) sedikit terhambat karena proses pendataan yang harus akurat dan menunggu keputusan dari Bupati Sukabumi.

BLT Desa Sukasirna Cair, Yang Belum Dapat Jangan Panik

Sebanyak 234 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Sesa Sukasirna disalurkan untuk masyarakat kurang mampu (miskin) dengan menerima uang tunai sebesar Rp 600 ribu selama tiga bulan ke depan, terhitung dari Bulan April, Mei dan Juni.

Deni Riswandi, Kepala Desa Sukasirna, Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi mengatakan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) merupakan tahap pertama ini akan diberikan kepada para ketua Rukun Warga (RW) yang mewakili masyarakat penerima manfaat untuk menerim BLT-DD yang nantinya harus diberikan kepada warga masyarakat kurang mampu (KPM) di daerahnya masing-masing.

Baca Juga :  Pemkab Purwakarta Bantu Pengobatan Bocah Pengidap Tumor

BLT Desa Sukasirna Cair, Yang Belum Dapat Jangan Panik

“Untuk pencairan bantuan BLT-DD ini diberikan secara simbolis kepada para ketua RW yang nantinya akan diberikan kepada masyarakat penerima manfaat di daerahnya masing masing,” kata Deni.

Lebih lanjut Deni Riswandi menjelaskan bahwa penyerahan BLT-DD dilaksanakan di Aula Desa Sukasirna secara simbolis. Karena keadaan saat ini yang tidak memungkinkan dengan adanya wabah virus Corona, dan akhirnya BLT langsung dibagikan kepada keluarga penerima manfaat secara langsung dari rumah ke rumah (door to door) yang didampingi oleh Babinkamtibmas, Babinsa serta aparat desa.

Baca Juga :  Anggota PPS Se-Kecamatan Jampangtengah Ambil Sumpah Jelang Pilkada Serentak 2020

“Penyerahan BLT-DD ini dilaksanakan di aula desa secara simbolis diberikan kepada para ketua RW. Karena dengan kondisi yang tidak memungkinkan adanya wabah Covid-19 yang sedang melanda negara kita dan langsung diantarkan kerumah rumah warga penerima manfaat,” terangnya.

BLT Desa Sukasirna Cair, Yang Belum Dapat Jangan Panik

Deni juga meminta kepada warga yang kurang mampu dan memang belum mendapatkan bantuan, diharapkan untuk tidak panik. Karena menurutnya sumber bantuan tidak hanya dari BLT-DD saja.

“Saya meminta kepada semua pihak memberikan ruang kepada pemerintah desa untuk mengelola data penerima manfaat agar tepat sasaran. Jadi semua warga yang kurang mampu akan diakomodir,” ujarnya.

Baca Juga :  Perhatikan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang V (Lima)

Deni juga bersyukur atas penyaluran BLT-DD yang dilakukan pihaknya pada saat itu dapat berjalan dengan lancar dan aman, sehingga dapat diterima langsung ileh para penerima manfaat oleh masing-masing perwakilan l, yaitu para Ketua RW setempat.

Seperti diketahui, bahwa BLT DD merupakan program relokasi Anggaran Dana Desa untuk bantuan bagi masyarakat yang kurang mampu yang terdampak Covid-19, dan yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), bantuan dana prakerja dan untuk anggota keluarga yang rentan sakit kronis.

Reporter : Hadi Cader
Editor : IK

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here