Buah-buahan Bahan Rujak yang Sudah Mulai Langka

Buah-buahan Bahan Rujak yang Sudah Mulai Langka
Buah kupa

Sukabumi, Infokowasi.com – Kebebasan ala anak-anak  dulu selalu identik dengan asyiknya bermain bebas di alam. Main di sungai atau berjibaku main lumpur di sawah, hal-hal seperti ini sangat menyenangkan, dan sulit rasanya untuk tidak tersenyum  ketika mengingatnya. Nah, salah satu agenda wajib ketika melakukan hal-hal seru di atas adalah berburu buah-buahan untuk dijadikan rujak.

Ya, dulu masih banyak jenis buah yang kita nggak perlu mampir kepasar untuk bisa menikmatinya. Cukup cari di tempat sekitar dan makan sampai kenyang apalagi pas musim buah, karena potensi inilah keisengan kami muncul yaitu mencuri buah orang, terbayang siang hari merujak buah segar walaupun dapat mencuri tetap nikmat.

Beberapa jenis buah diantaranya adalah tumbuh alami karena di sebarkan oleh burung atau kelelawar, sayangnya saat ini buah-buahan tersebut sudah jarang terlihat lagi. Entah karena tidak menarik sehingga di tebang oleh yang punya, atau karena satwa yang bisa menyebarkanya malah yang sudah langka.

Baca Juga :  MENU SAHUR HARI KE-10

Diantara jenis-jenis buah yang favorit kami untuk diambil berebut adalah:

  1. BUAH KUPA : Buah kupa sangat mirip buah terong ungu, hanya bagian bawah buah mempunyai “cupat” yang lebih besar seperti jambu biji. buah ini jika sudah  masak sempurna  rasanya manis asam tapi lebih dominan manisnya. Uniknya dari buah ini adalah tumbuh/ berbuah di batang pohon, bukan di ujung ranting seperti buah lainnya. warna buah masak ungu kehitaman  ukuran sebesar jempol tangan orang dewasa.
  2. BUAH HUNI : Buah huni sering juga orang menyebutnya buah buni, buah huni adalah salah satu jenis buah yang disukai untuk ibu-ibu yang suka membuat rujak. Buah kecil mengelompok seperti buah salam, rasanya asam manis segar jika sudah masak. Warna buah masak merah kehitaman, sedangkan buah muda hijau dan punya tingkat keasaman yang luar biasa. Pohon buah ini satu keluarga dengan jenis kayu hitam Sulawesi yaitu Diospyros sp. Jika buah ditumbuk dengan campuran gula merah, garam, cabe, dan sedikit terasi, terasa segar sekali.
  3. BUAH NAM- NAM : Buah nam-nam bentuk buah seperti ketupat, rasa asam manis jika sudah mencapai kemasakan bagus seperti juga buah kupa, buah ini nempel  di batang pohon mulai dari bawah sampai cabang-cabang utama. Biasanya buah ini ada di kebun saat ini sudah sangat jarang yang mempunyai pohon buah ini. Buah ini satu keluarga dengan kiburahol/ burahol yang dipakai untuk kecantikan wanita.
Baca Juga :  Sejarah Asal Muasal BOTRAM

Laporan : Dadan Haekal
Editor : Yossy Suryadi

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here