Bupati Sukabumi dan APKASI Bahas Sinergitas Program DIKTI dengan Pemda Melalui Kedaireka

Infokowasi.com, Sukabumi

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menerima kunjungan Dewan Pembina Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ke Pendopo, Senin, 25 Juli 2022. Kunjungan tersebut untuk beraudiensi mengenai sinergitas program pendidikan tinggi dengan pemerintah daerah melalui penyelenggaraan program kerjasama dunia usaha dan kreasi reka (Kedaireka).

Pembina APKASI Sokhiatulo Laoli mengatakan, Kedaireka merupakan program kerjasama dengan Dikti. Program ini memberikan kesempatan terhadap daerah untuk bekerjasama dengan perguruan tinggi mengenai sejumlah bidang. Mulai dari bidang ekonomi hijau, ekonomi biru, pendidikan, digitalisasi, dan pariwisata.

Baca Juga :  Mengejutkan Kemunculan Bleeding Toad disaat TN Gunung Halimun Salak Ditutup

“Daerah yang lolos program ini, akan diberikan hibah untuk menjalankan program yang telah diusulkannya sesuai bidang yang dipilih,” ujarnya.

Oleh karena itu, dirinya meminta Kabupaten Sukabumi bisa mengikuti program tersebut. Apalagi, program tersebut sangat bagus untuk pengembangan daerah.

“Dalam membantu daerah di bawah APKASI, kami membuat tim khusus yang bisa mengawal dan mendampingi daerah dari mulai penyampaikan proposal hingga tahap seleksi-seleksinya. Sehingga, hibah dari dikti bisa didapatkan daerah tersebut,” ucapnya.

Maka dari itu, APKASI berkeliling ke sejumlah kabupaten di Indonesia untuk menyosialisasikan hal tersebut. Dirinya berharap, seluruh kabupaten bisa terpilih dan melaksanakan program dari Kedaireka.

Baca Juga :  Pemdes Jampangtengah Fasilitasi Penyerahan Bantuan Dari Kemensos Bagi Korban Kebakaran Baros Nangela Jampangtengah

“Semoga setelah sosialisasi ini, Pemkab Sukabumi bisa membuat program di daerahnya,” ungkapnya.

Menurutnya, APKASI sendiri miliki sejumlah program di bidang pendidikan. Sebab, pendidikan merupakan dasar untuk meningkatkan kualitas SDM.

“Kami berfokus dalam peningkatan pendidikan di seluruh daerah, khususnya kabupaten di seluruh Indonesia,” bebernya.

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengatakan, program yang disampaikan APKASI akan di dorong di daerah. Baik program Kedaireka ataupun di bidang pendidikan lainnya.

“Program ini akan kita dorong. Termasuk program cepat berbahasa Inggris dan matematika,” bebernya.

Baca Juga :  Mayat Berjenis Kelamin Pria Tanpa Identitas Di Evakuasi Tim Gabungan Dari Pantai Pandan Ciracap

Program cepat berbahasa Inggris sangat dibutuhkan di Kabupaten Sukabumi. Terutama di kawasan geopark.

“Bahasa Inggris dan matematika harus terprogramkan secara baik. Ini terobosan yang luar biasa,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan saling bertukar cinderamata dari Pemkab Sukabumi maupun Dewan Pembina APKASI.

Robby

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here