Bupati Sukabumi Minta Baznas Jadi Energi Perubahan Untuk Kesejahteraan Umat

Laporan : Irwan Setiawan

INFOKOWASI.COM, Sukabumi

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami melantik pimpinan Baznas Kabupaten Sukabumi periode 2020-2025, di Aula Setda Kabupaten Sukabumi, Kamis (10/9/2020).

Pimpinan Baznas yang dilantik terdiri dari H. Unang Sudarma Ketua, Dachlan Gozali Wakil Ketua I, H. Endin Badrudin Usman Wakil Ketua II, Atot Sugiri Wakil Ketua III, dan M. Taufik Wakil Ketua IV.

Dalam sambutannya, H. Marwan meminta agar pimpinan Baznas periode 2020-2025 bisa melaksanakan amanahnya dengan penuh tanggungjawab khususnya dalam mengelola dan mendayagunakan potensi zakat infak sedekah (ZIS) di Kabupaten Sukabumi.

“Saya berharap Baznas Kabupaten Sukabumi mampu meneguhkan dan mengarusutamakan Baznas sebagai energi perubahan. Khususnya kepada para muzakki dan menjadi instrumen pembangunan ekonomi umat. Sehingga, mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :  Pangdivif 2 Kostrad Pimpin Sertijab 3 Komandan Brigade Infantri dan Komandan Resimen Armed

Berkaitan tasyakur binni’mah hari jadi Kabupaten Sukabumi ke 150 tahun, H. Marwan berterima kasih kepada jajaran yang telah menyelenggarakan seluruh kegiatan milangkala hingga berjalan dengan lancar.

“Walaupun dilaksanakan dalam kondisi keprihatinan akibat covid 19, namun tidak menyurutkan semangat dan tekad kita. Terutama untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat Kabupaten Sukabumi,” ucapnya.

Kabupaten Sukabumi, Tambahnya, telah menorehkan berbagai prestasi dalam upaya mewujudkan masyarakat yang religius dan mandiri. Di antaranya, penghargaan kategori Kepala Daerah pendukung kebangkitan zakat pada Baznas Award 2019.

“Selain itu, Pemda telah menerbitkan kebijakan dalam upaya peningkatan pemahaman, pengamalan, dan pengembangan nilai nilai keagamaan. Baik lewat Peraturan Bupati, Instruksi Bupati, maupun Surat Edaran,” ungkapnya.

Baca Juga :  Refleksi Hari Bhayangkara ke-74 dimata Komjen Pol Agus Andrianto

walau demikian Ikhtiar Pemda dalam rangka mewujudkan masyarakat Kabupaten Sukabumi yang religius dan mandiri akan sulit diwujudkan secara optimal apabila tidak didukung oleh seluruh masyarakat.

“Untuk itu, perlu sinergitas dan kolaborasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat secara umum. Sehingga, nilai nilai keagamaan diharapkan menjadi solusi dalam membentengi masyarakat. Termasuk generasi muda dari perilaku yang dapat merusak akidah akhak,” terangnya.

Panitia Hari Jadi ke 150 Kabupaten Sukabumi Plt Kabag Kesra Setda Kabupaten Sukabumi Usep Setiawan mengatakan dari 23 orang yang mendaftar menjadi pimpinan Baznas. berdasarkan hasil seleksi diambil lima orang yang saat ini dilantik.

Baca Juga :  Memeriahkan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI, Pemuda Kebonjati Lebak Desa Bojonglongok Semarak Perlombaan

“Dari 23 orang yang daftar kemudian diseleksi menjadi 10 orang. Setelah itu, diambil lima orang dengan rangking terbaik menjadi pimpinan Baznas Kabupaten Sukabumi,” bebernya

Proses seleksi sendiri melibatkan berbagai pihak. Bahkan, melibatkan lembaga pendidikan untuk menguji tes tertulis dan psikotes.

“Panitia seleksi sendiri ada dari Pemda, Kemenag, ulama, dan tokoh masyarakat. Kalau tesnya, kita kerjasama dengan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Apalagi kita ada seleksi administrasi, tes tertulis, psikotes,wawancara. Bahkan ada investigasi oleh Baznas pusat,” pungkasnya.

RED

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here