Bus Ke Sukabumi Dan Bogor Hampir Tak Ada

Jakarta, infokowasi.com – Dua terminal bus antar kota dan provinsi di Jakarta, Terminal Kalideres dan Terminal Pulogadung sepi penumpang. Terpantau di kedua terminal tersebut tak ada lagi pergerakan masyarakat keluar Jakarta sejak Pemprov DKI Jakarta menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Dalam situasi tersebut, jumlah pemumpang di Terminal Bus Kalideres, Jakarta Barat, turun hingga akhir Maret 2020. Hal itu dikatakan Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen saat dihubungi wartawan, beberapa hari lalu.

Baca Juga :  Penyaluran BLT-DD Pemdes Jaya Bakti Kec. Cidahu

Menurunnya jumlah penumpang juga berakibat pada Perusahaan Otobus (PO) yang menyediakan armada di terminal Kalideres. Sehingga sejumlah PO menarik beberapa armadanya yang biasa mangkal di terminal, karena penumpang sepi.

Berdasarkan data yang diperoleh infokowasi.com, dalam sepekan terakhir jumlah penumpang di Terminal Kalideres terpantau rata-rata sekitar 300-400 orang perhari, bahkan hingga berita ini diturunkan, jumlahnya semakin menurun dan tampak hampir bisa dibilang sepi. Jumlah itu tentu berbeda jauh dibandingkan hari biasa yang rata-rata berkisar 1.400-1.500 orang.

Baca Juga :  Ikuti Jadwal Nasional, Pemkab Sukabumi PSBB 9 Hari

Pemandangan serupa juga terjadi di Terminal Bus Pulogadung. Di terminal itu pun telah terjadi penurunan jumlah angkutan bus yang beroperasi ke luar kota secara drastis.

Berdasarkan pantauan infokowasi di terminal itu, Minggu (12/4/2020), terlihat hanya ada satu armada bus yang beroperasi, dengan tujuan Bandung. Sementara untuk tujuan Bogor dan Sukabumi bisa dibilang hampir tidak ada.

Selain itu, loket-loket penjual tiket bus antar kota dan antar provinsi pun tampak tutup. Sejumlah pedagang yang biasa mangkal di terminal itu otomatis terkena dampaknya akibat sepinya penumpang.

Baca Juga :  Pemeliharan Jaringan SUTM PLN Akibatkan PAM Cicurug Terhenti

Laporan : Chip/Iwa K
Editor : Yossy Suryadi

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

3 KOMENTAR

  1. MasyaAlloh, smoga musibah ini cepat berlalu. Sy yakin dibalik semua ini pasti ada hikmahnya. Sbar dan tawakal saudara² ku…

  2. Para pedagang di terminal² dan para awak bus adalah salah satu yg harus menjadi prioritas mendapt stimulus dari pemerintah…

    • Setuju, sabar dan tawakal saudara² ku yg mencari rezeqi di terminal², tetap jaga keehatan yang paling utama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here