Dukung Pemerintah Atasi Corona, Kapolri Siap Hadapi Situasi Terburuk

Dukung Pemerintah Atasi Corona, Kapolri Siap Hadapi Situasi Terburuk
Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis

 

Jakarta, infokowasi.com – Polri sudah menyiapkan langkah untuk mengantisipasi situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Pernyataan itu ditegaskan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis guna mendukung apapun kebijakan pemerintah dalam mengatasi Covid-19.

Selain sudah mengeluarkan Maklumat Kapolri, melakukan operasi terpusat dengan sandi Aman Nusa II Penanganan Covid-19 Tahun 2020, Korps Bhayangkara yang dipimpinnya juga telah mempersiapkan diri menghadapi situasi terburuk. Jenderal Polisi bintang empat itu menegaskan sudah menyiapkan sejumlah personel di Mabes Polri maupun Polda seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Covid-19 Purwakarta: Tidak Ada Penambahan ODP, PDP dan Positif

Dukung Pemerintah Atasi Corona, Kapolri Siap Hadapi Situasi Terburuk

“Mabes kami siapkan empat batalyon. Masing-masing Polda kami siapkan 200 personel yang lengkap dengan alat pelindung diri dan lengkap peralatan untuk menghadapi hal paling terburuk. Itulah yang kami sebut Operasi Kontingensi,” kata Idham saat rapat teleconference dengan Komisi III DPR dan Kapolda seluruh Indonesia, Selasa (31/3/2020) di Jakarta.

Idham juga mengatakan, Polri telah bekerja sama dengan TNI untuk menghadapi situasi tersebut.

“Jadi, untuk menghadapi hal paling terburuk pun kami sudah menyiapkan,” kata Idham.

Ia menyadari karena Polri merupakan garda terdepan dalam penegakan hukum dan menjaga kamtibmas, maka Korps Bhayangkara sudah melakukan persiapan baik itu untuk personel maupun strateginya.

Baca Juga :  Pernyataan Bupati Dan Kadis BKPSDM Karawang Setelah Mereka Dinyatakan Positif COVID-19

“Kami sadari, karena kami ada di depan kami harus siapkan betul anak-anak (personel Polri) kami untuk ini, termasuk strateginya. Setiap pagi kami siapkan mereka makan bubur kacang hijau, telor,” kata Idham.

Ia kembali menegaskan, yang paling penting adalah 470 ribu personel Polri dalam keadaan sehat. Dirinya juga memastikan, 2/3 dari jumlah personel Polri akan disiapkan baik itu untuk pengamanan maupun hal bersifat kontingensi.

“Termasuk apabila tetap akan ada mudik, karena 42 hari ke depan kita hadapi pengamanan Lebaran. Itu juga sudah kami siapkan. Kalau tiba-tiba ada perubahan kami sudah siapkan dengan rencana kontingensi,” terang Idham.

Baca Juga :  Pemkab Purwakarta Siapkan Rumah Singgah Untuk Pemulihan Pasien Covid-19

Pada prinsipnya kata Idham, Polri selalu siap mendukung apa pun kebijakan yang ditempuh pemerintah. Polri juga sudah menyiapkan langkah-langkahnya.

“Bila ada pelebaran kebijakan pemerintah, pada prinsipnya kami Polri selalu siap,” tandasnya.

Laporan: Iwa Kuswara
Editor: Yossy Suryadi

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here