Evaluasi Rapat Bulanan Kowasi, Paska Bimbingan Teknis (Bimtek) Jurnalistik

Evaluasi Rapat Bulanan Kowasi, Paska Bimbingan Teknis (Bimtek) Jurnalistik
Sukabumi, infokowasi.com – Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kominfosan) Kabupaten Sukabumi baru-baru ini menggandeng Komunitas Wartawan Sukabumi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia bidang Jurnalistik. Kegiatan ini berlangsung di Selabintana Resort Sukabumi beberapa pekan kebelakang, Jumat dan Sabtu (13-14 Maret 2020).
Dalam kesempatan itu, Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami hadir dan membuka acara Bimtek Jurnalistik KOWASI sekaligus melauncing media siber online infokowasi.com.
Evaluasi Rapat Bulanan Kowasi, Paska Bimbingan Teknis (Bimtek) Jurnalistik
Beberapa hal penting disampaikan, antara lain menggambarkan kegiatan Bimtek, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam mempublikasikan hasil-hasil pembangunan di seluruh Kabupaten Sukabumi melalui pusat media untuk masyarakat. Selain itu, revisi juga para peserta Bimtek untuk membuat berita kegiatan bimtek yang kemudian akan di evaluasi, hal tersebut diucapkan Ketua Umum KOWASI Yudi Suyudi.
Salah satu narasumber Herdy Somantry menerangkan pentingnya memutuskan memimpin. “Bila Anda gagal menggaet pembaca pada kata-kata pertama, Anda akan kehilangan pembaca itu,” terangnya.
Evaluasi Rapat Bulanan Kowasi, Paska Bimbingan Teknis (Bimtek) Jurnalistik
Diterangkan pula membalikkan berita yang baik dengan membahas piramida terbalik, paling penting atau menarik, terkait dan penjelasan serta jangan lupa terhadap konsep 5W + 1H.
Hadir pula sebagai narasumber, Wartawan Senior Sukabuni H. Wawan Aris Setiawan dan Pemimpin Redaksi Senior online di Sukabumi H. Abdul Malik memaparkan materinya. Berbagai macam ilmu jurnalis diterangkan, mulai dari hal yang sederhana sampai yang terpenting, antara lain arti pers yang sebenarnya, Manfaat, tujuan hingga jenis berita.
Setelah tiga pekan telah berlalu- Pasca diluncurkannya media online infokowasi.com, sejumlah wartawan yang tergabung di dalamnya kembali mengadakan rapat guna mengevaluasi hasil kerja jurnalistiknya dalam tiga pekan ke belakang.
Bertempat di Kantor Redaksi infokowasi.com di bilangan Kaum Kidul, Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, pada Jumat (10/4/2020) siang, tampak hadir saat itu, diantaranya; H. Budi Widaya (Pimpinan Umum), Yudi Suyudi (Pemimpin Redaksi),  Wandi Darmawan (Manager IT & Multi Platform), Unang Sugiana (Legal Advisor), Karim Ruspiandi (Korporasi & Kemitraan), (Kordinator Liputan ) Heri Setiawan serta beberapa Koordinator Wilayah peliputan, dan Staff Redaksi.
Dalam sambutan sekaligus arahannya, H. Budi Widaya mengatakan, bahwa yang perlu ditingkatkan adalah mengenai hubungan kemitraan dengan beberapa instansi pemerintah baik pusat maupun daerah. Karena dengan adanya relasi yang baik maka informasi yang dibutuhkan wartawan dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya akan mudah didapat.
Selain itu Ia juga berpesan agar wartawan khususnya yang tergabung dalam infokowasi.com, dalam menyajikan sebuah berita harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain menyuguhkan sebuah kabar berita, infokowasi.com juga harus dapat mengedukasi masyarakat lewat tulisan-tulisan yang kreatif. Sehingga infokowasi.com akan semakin diminati pembacanya.
Pada akhir acara rapat evaluasi itu, Pemimpin Redaksi (Pemred) Yudi Suyudi dengan Evaluasi ini serta sekaligus dibagikannya Sertifikat atas peran dan partisipasi Anggota Kowasi dalam mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kowasi yang diadakan pada 13-14 Maret 2020 lalu di Hotel Selabintana, Sukabumi.

Laporan : Iwa Kuswara
Editor : Yossy Suryadi

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  Info Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa : Sasaran Penerima, Perhitungan dan Besaran

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here