Kampung Sadar, Tangguh dan Tangkal Diresmikan Kapolsek Cibadak

Kapolsek Cibadak beserta Jajaranya Menghadiri Launcing Pembentukan dan Pencanangan Kampung Tangguh serta Pembukaan Pelatihan Wirausaha Baru Produktif tingkat Kec. Cicantayan, Kab. Sukabumi

Sukabumi, infokowasi.com –  Kapolsek Cibadak beserta Jajaranya Menghadiri Launcing Pembentukan dan Pencanangan Kampung Tangguh serta Pembukaan Pelatihan Wirausaha Baru Produktif tingkat Kec. Cicantayan, Kab. Sukabumi bertempat di Halaman Yayasan Nahdzatul Falah ( Yasnaf ), Jl. K.H. Damanhuri, Kp. Selagombong, Ds. Sukadamai, Kec. Cicantayan, Kab. Sukabumi. Senin ( 15/06/20 ).

Camat Cicantayan Sendi Apriadi, S STP, MSi. Merupakan Penanggungjawab dalam Kegiatan tersebut serta dihadiri Drs. H. Iyos somantri, M.Si. ( Sekda Kab. Sukabumi ), Drs. Ardiana ( Ka DPK UKM Kab. Sukabumi ), Kompol H. Hadi Santoso, S.E., M.Si. ( Kapolsek Cibadak ), Iptu Ruhikmat ( Panit Binmas Polsek Cibadak ), Bripka Dani K., S.Pd. ( PS Panit IK Polsek Cibadak ), Bripka Beni S. ( Bhabinkamtibmas Desa Sukadamai ), Jajaran Forkopimcam Kec. Cicantayan, Ibu Lucia Hartiningtyas Mardyasari, ST., MM., Tim BBPP ( Balai Besar Pelatihan dan Produktifitas) Menaker RI, Perwakilan Koorpri, PGRI Pramuka dan Warga Masyarakat Kec. Cicantayan.

Dalam giat tersebut dilaksanakan Pemberian Bantuan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 kepada masyarakat berupa:

– Sembako kepada Keluarga yang teridentifikasi Covid 19.
– Sembako kepada Masyarakat yang terdampak Covid 19 secara ekonomi.
– Penyerahan Kunci Ambulance bantuan dari Pemda Kab. Sukabumi kepada Pemerintah Desa Sukadamai.
– Bantuan Sembako kepada Linmas, Pramuka, Jompo dan Guru Mengaji.
– Penyerahan APD kepada Pengemudi Ambulance Ds. Sukadamai dari Karang Taruna Ds. Sukadamai
– Penyerahan Masker Pramuka kepada perwakilan warga masyarakat.

Program Pelatihan yang dilaksanakan di Focuskan di 4 Desa Kec. Cicantayan antara lain :

– Pelatihan pengelolaan Gula Aren di Ds. Cimanggis.
– Pelatihan Pembuatan Sapu Ijuk di Ds. Cijalingan.
– Pelatihan Pengelolaan Ikan Lele di Ds. Cisande.
– Pelatihan Pembuatan Semprong Es di Ds. Hegarmanah.

Baca Juga :  Sub Satgas Nusantara: Kapolres Sukabumi Berkunjung ke DKM Masjid Raya Prov. Jabar Raudathul Irfan

Camat Cicantayan Sendi Apriadi, S STP, MSi Mengatakan dalam tahap evaluasi Pandemik bahwa wilayah cicantayan masih termasuk zona Kuning, terkait hal itu kami sudah melakukan Upaya untuk Test Swab lagi untuk lebih memastikan warga Masyarakat terdampak Covid 19 all hasil alhamdulilah Hasilnya Negatif.
“Kita lakukan pengecekan ulang Test Swab lebih memastikan kondisi dan situasi Pandemik karna daerah zona Kuning hasilpun memuaskan semua Negatif.” ucapnya

Upaya Pencegahan, lanjut kata Camat bahwa masyarakat dalam pencegahannya jangan mendekati namun juga jangan terlalu dijauhi, ini akan mempengaruhi masalah sosial dengan beberapa Warga Masyarakat yang teridentifikasi Covid 19.
” Pencegahan terus ditingkatkan apalahi masalah sosial tentunya harus dapat menjaga jarak apalagi warga yg terindetifikasi covid 19 hal itu dapat berpengaruh.” ungkapnya.

“Alhamdulillah selama menjalani isolasi kebutuhannya dipenuhi oleh warga masyarakat lainnya, inilah bentuk dari kebersamaan.” Tambahnya.

“Terkait Kampung Sadar, Tangguh dan Tangkal serta Pembukaan Pelatihan Wirausaha yang di laksanakan hari ini semoga dapat menambah ilmu, lebih jelasnya nanti akan di sampaikan langsung oleh Balai Besar Pelatihan dan Produktifitas Kementrian Tenaga Kerja RI, jadi saat kita dibatasi untuk bersosialisasi warga masyarakat juga masih bisa produktif dirumah.”Terang Camat.

Waktu dan tempat yang sama Kapolsek Cibadak, Kompol H. Hadi Santoso, S.E., M.Si mengatakan kita sudah melaksanakan Tahap ke IV PSBB di Kec. Cicantayan semoga apa yang kita laksanakan hari ini mendapatkan ridha Allah SWT dan ada manfaatnya.
“Pelaksanaan PSBB Tahap IV sudah terealisasikan semoga apa yang kita laksanalan mendapatkan Ridha Allah Swt serta bermanfaat”ucapnya.

Dalam Pembentukan Kampung Sadar, Tangguh dan Tangkal terdorong berawal dari Pandemi Covid 19 telah berdampak luas terhadap kehidupan Sosial dan Budaya Ekonomi Dunia. tentunya merupakan ancaman nyata bagi masyarakat Indonesia,
” Terdorong Kampung sadar tangguh dan tangkal merupakan antisipasi dampak terhadap kehidupan sosial dan budaya ekonomi, hal itu ancaman nyata bagi masyarakat serta ter evaluasi dari Pandemik Covid 19.”Ungkapnya.

Baca Juga :  Satuan Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Jampangtengah Adakan Evaluasi

Pemerintah perlu melakukan upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid 19, namun upaya tersebut belum mendapatkan hasil yang maksimal terhadap penurunan penyebaran Covid 19.

” Pemerintah perlu melaksanakan Upaya- upaya untuk memutus mata rantai, sebab saat ini belum mendapatkan hasil yang maksimal terhadap penurunan covid 19.” sambungnya.

Kampung Tangguh Nusantara adalah Pilot Project Kolaboratif dengan stakeholders untuk melaksanakan aksi nyata di Desa atau Kelurahan yang ditunjuk karena terindikasi tingginya penyebaran Covid 19, dalam pelaksanaan Kampung Tangguh mendapatkan pendampingan dari unsur wilayah secara intens dan terfokus.” terangnya.
“kita perlu melaksanakan aksi nyata di wilayah, kampung tangguh mendapat pendampingan dari unsur wilayah secara Intens dan terfokus.” ucapnya.

Adapun Tujuan Pembentukan yaitu untuk memutus Penyebaran Covid 19 di wilayah tertentu sampai batas waktu yang ditentukan serta membangkitkan kesadaran masyarakat dan membangun semangat kebersamaan untuk lebih waspada, membangun solidaritas antar sesama warga masyarakat pada masa pandemi Covid 19, meminimalisir dampak sosial Ekonomi dengan cara meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat, serta melakukan sosialisasi kepada umur produktif agar dapat kembali bekerja dengan aman dengan Cara New Normal Life.” Ungkapnya.

Ibu Lucia Hartiningtyas Mardyasari, ST., MM., Tim BBPP (Balai Besar Pelatihan dan Produktifitas) Menaker RI mewakili Kepala BBPP menyampaikan kegiatan kami bukan hanya di Cicantayan, 2 Locus di Kadudampit dan 6 Locus di Kota Sukabumi, dalam masa Covid 19 kita semua mengalami dampaknya, ketika melihat dampak tersebut kita berusaha mengupayakan bangkit dari kelesuan, Cicantayan masih Zona Kuning tapi Zero Kasus, Dukungan Masyarakat wajib diikutsertakan dalam penanganan dampak tersebut.”Ungkapnya.
” kegiatan ini terbentuk dibeberapa wilayah Sukabumi guna antisipasi terdampak Covid 19″ Ucapnya.

Baca Juga :  Kabaharkam Polri Cek Langsung Proses Pencairan Korban Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

Kami terus meningkatkan produktifitas warga masyarakat, jangan mau terpuruk dengan ambil peluang lainnya seperti digital marketing, kegiatan ini ingin menjadi penyemangat kepada para Warga Masyarakat sebagai peserta pelatihan dan diharapkan menjadi Pelaku Usaha kedepanya.” Harapnya.

Sekda Kab. Sukabumi. Drs. H. Iyos Somantri, M.Si mengatakan sangat mengapresiasi gagasan Camat Cicantayan dan Forkopimcamnya dengan Program Katangkal nya, ide-ide Kec. Cicantayan menjadi inspirasi bagi wilayah lain, mudah-mudahan dengan Katangkal ini Cicantayan bebas Covid 19, Katangkal harus betul-betul dijalankan, para unsur Kecamatan semua harus ikut mesukseskan programnya.”Ungkapnya
” kami mengapresiasi camat cicantayan dan fotkopimcam dalam pembentukan Program Katangkal, hal itu merupakan inspirasi untuk wilayah lain, kegiatan ini harus betul- betul dijalankan serta semua harus ikutserta dalam Programnya” Ucapnya.

Sekda berharap PSBB Proporsional ini s.d 26 Juni harus bergerak bersama-sama untuk mengantisipasi di masing-masing wilayahnya jangan sampai yang sudah baik dijalankan gagal karena kelalaian warga masyarakatnya.
“kami harap bergerak bersama dalam mengantisipasi wilayah masing-masing , jangan sampai gagal karna kelalaian warga masyarakat maka kami berharap PSBB Proporsional ini s.d 62 juni bergerak bersama.” Harapnya.

Dalam Program pembangunan di Kabupaten Sukabumi banyak yang tertunda karena anggarannya digeser untuk penanganan Covid 19, anggaran yang digeser untuk Pembangunan tersebut tidaklah sedikit jumlahnya mencapai Rp. 300 Milyar.”Paparnya.

“Anggaran kab. sukabumi sudah digeser untuk penanganan covid 19, tidak sedikit untuk pembangunan mencapai Rp. 300 Milyar yang di Geser.” Pungkas Sekda

Laporan : UR

Editor : MT

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here