Little Camping Ground : Curug Lodong Desa Jampangtengah

Little Camping Ground : Curug Lodong Desa Jampangtengah
Curug lodong tahap 1 yang biasa dijadikan tempat kemping
Sukabumi, Infokowasi.com – Berlatar belakang sebuah bukit yang sudah ditata walau sederhana, terbentang beberapa tenda. Dua tenda peleton milik anggota Karang Taruna Hima Pajar Ciagung, dua tenda dom yang sengaja kami pasang untuk bermalam di pelataran yang tidak begitu luas tersebut (Little Camping Ground). Gemuruh air tiada henti, terus menerus mendera bibir bukit, Curug Lodong, menjatuhkan air jernih yang akan terus mengalir hingga bermuara di Sungai Cimandiri.
Little Camping Ground : Curug Lodong Desa Jampangtengah
curug lodong tahap 1

Sungguh suasana yang syahdu, semilir angin, gemericik air, sesekali nyanyian burung bersahutan dari balik rimbun dedaunan. Begitulah alam menyediakan kedamaian. Di atas air terjun dan lokasi kemping yang kami tempati, masih tersimpan keindahan yang lain, Curug Lodong Tahap 2, yang tidak kalah menawan dari Curug Lodong Tahap 1 yang menjadi Lokasi kemping.

Baca Juga :  Desa Cikahuripan Kadudampit

Dua curug pada area yang berdekatan memiliki karakteristik yang berbeda, Curug Lodong Tahap 1 memiliki dinding yang landai sehingga air terjun mengaliri dikemiringan tebing, ketinggian mencapai 35 meter. Sementara Curug Lodong Tahap 2 memiliki dinding tebing 90 derajat sehingga jatuh air membentuk curupan menukik, dengan ketinggian 15-20 meter.

Little Camping Ground : Curug Lodong Desa Jampangtengah
curug lodong tahap 2

Ya, menurut kami sangat menawan, sangat relevan untuk dijadikan sebagai sarana rekreasi, paling tidak bagi masyarakat lokal.

Walau pun memang untuk menuju ke Lokasi, Sepeda motor pun belum sampai, apalagi kendaraan roda empat, ada pun lokasi Curug Lodong ini berada di Kampung Ciagung RT 001 RW 007, Desa Jampangtengah, Kecamatan Jampangtengah.

Baca Juga :  PEMERINTAH KABUPATEN SUKABUMI TERAPKAN PSBB
Ahmad Radjiman, S.Pd.I, selaku penggiat Curug Lodong, terus mengajak anggota Karang Taruna Hima Pajar untuk terus memaksimalkan potensi yang ada, agar tempat tersebut lebih representatif, tanpa adanya swadaya dan kerja sama para pemuda hal mustahil untuk bisa merasakan progres yang baik untuk curug ini, ungkapnya.
Little Camping Ground : Curug Lodong Desa Jampangtengah
Ahmad Radjiman ketiga dari kanan jongkok bersama Karang Taruna Hima Pajar Ciagung

H. Agus Jayadi Ramli, S.Hut. selaku Kepala Desa Jampangtengah pun menimpali, bahwasannya Pemerintah Desa akan selalu mendorong pembangunan baik akses jalan maupun sarana lainnya, untuk menyulap Curug Lodong menjadi tujuan wisata, karena menurutnya Curug Lodong merupakan salah satu aset wisata alam yang bisa dikembangkan di Desa Jampangtengah.

Little Camping Ground : Curug Lodong Desa Jampangtengah
Kades Jampangtengah H Agus Jayadi Ramli, S.Hut bersama warga saat membersihkan Curug Lodong

Hingga saat ini sudah terlihat progres terutama di sektor jalan yang menuju lokasi sudah mencapai 60% dalam perbaikan, harapannya kedepan akses jalan lebih mudah, minimal kendaraan roda dua bisa sampai ke lokasi. Dan Ia pun berharap agar semua pihak bisa mendukung programnya, baik dari warga setempat maupun pemerintah, adapun pihak pemerintah desa selalu memberikan respon terbaik Kepada Karang Taruna Hima Pajar, sebagai ujung tombak penggerak curug imbuhnya lagi.

Baca Juga :  Kapolresta Tangerang Berikan Penghargaan Kepada 29 Personelnya yang Berprestasi

Curug Lodong ini sangat cocok menjadi tempat untuk rekreasi, sekedar menikmati segarnya udara dan air yang masih belum terkontaminasi atau pun terpapar polusi, menghilangkan kepenatan dan kebisingan dengan menikmati suasana malam di alam pedesaan. Suasana nan nyaman alam nan ramah.

Laporan : Mang Robi
Editor : Yossy
Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here