Makanan Khas Sunda Tradisional yang Melegenda

Makanan Khas Sunda Tradisional yang Melegenda

Infokowasi.com – Makanan Indonesia adalah salah satu tradisi kuliner yang paling kaya di dunia, dan penuh dengan cita rasa yang kuat. Hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu berasal dari rempah-rempah dengan diikuti penggunaan teknik-teknik memasak yang beragam.

Salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan keragaman makanannya adalah Jawa Barat. Daerah yang dikenal dengan Tanah Sunda ini memiliki banyak makanan khas. Tidak heran, Jawa Barat banyak dijadikan sebagai destinasi wisata kuliner bagi banyak orang.

Apa saja sih makanan khas Sunda yang terkenal akan cita rasanya yang lezat? Berikut beberapa makanan khas sunda yang melegenda, dilansir dari berbagai sumber:

1. Karedok

Makanan Khas Sunda Tradisional yang Melegenda

Karedok adalah makanan asli Sunda yang memang banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Karedok menyajikan berbagai sayuran dengan saus kacang tanah dengan kepedasan yang bisa menggugah selera.

Karedok ini disajikan dari sayuran yang mentah dan tidak diolah yang sehat untuk disantap, khususnya untuk Anda yang ingin menjalankan program diet. Karedok memiliki yang rasa unik karena perpaduan dari kencur dan saus kacang yang menjadi satu.

Baca Juga :  Pierre Tendean & Masa SMA

Sayur-sayuran yang digunakan untuk membuat karedok cukup beragam, seperti timun, tauge, kacang-kacangan, terong hijau kecil, kubis, basil, dan beberapa jenis sayuran lagi yang bisa ditambahkan sesuai selera pembuatnya.

 

2. Bakakak Hayam

Makanan Khas Sunda Tradisional yang Melegenda

Bakakak hayam adalah menu masakan unggulan yang mudah dijumpai di tanah Sunda. Sebagai makanan khas Sunda beberapa orang mungkin menganggap nama makanan ini unik, terutama untuk mereka yang baru pertama kali mendengarnya.

Sebagian besar masyarakat Sunda khususnya daerah Pandeglang, bakakak hayam digolongkan menjadi makanan yang digunakan untuk kegiatan pesta adat..

Ayam yang disajikan merupakan satu ekor ayam utuh sehingga bisa disantap untuk beberapa orang sekaligus, hampir mirip seperti ayam ingkung. Bakakak hayam bisa disajikan bersama dua macam pilihan sambal, seperti sambal merah dan sambal hijau. Selain sambal, bakakak hayam juga lebih spesial apabila dinikmati bersama lalapan sayur.

 

3. Empal Daging Sapi

Makanan Khas Sunda Tradisional yang Melegenda

Empal atau gepuk daging sapi adalah makanan yang sangat terkenal di daerah Sunda, Jawa Barat. Makanan ini bahkan menjadi salah satu menu makanan wajib yang banyak tersaji di restoran-restoran Sunda.

Baca Juga :  Menu Sahur Puasa Hari ke-4

Hidangan ini memang banyak dijual di restoran, rumah makan dan bahkan di pedagang kaki lima. Hidangan empal ini cocok disantap kapanpun dan dimanapun. Apalagi jika ditemani dengan nasi hangat, sambal segar dan bahan pelengkap lain seperti taburan bawang goreng dan kerupuk.

4. Mi Kocok

Makanan Khas Sunda Tradisional yang Melegenda

Mi kocok adalah makanan khas Sunda yang dibuat dari bahan dasar mi kuning yang dihidangkan bersama kuah yang terbuat dari kaldu sapi.

Mi kocok umumnya tersaji bersama tauge yang sudah direbus, bakso, irisan kikil, jerk nipis, dan taburan daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Untuk menambah kelezatannya, bisa juga ditambahkan babat.

Asal mula nama mi kocok adalah dari proses memasaknya. Mi ini dimasak dengan cara mengocok-ngocok mi nya dalam wadah khusus sembari dicelupkan ke dalam air panas. Mi kuning yang digunakan mempunyai ukuran yang pipih dengan tekstur lembut.

Baca Juga :  Keluhan Sopir Angkot Selama Pandemi Covid-19, Pendapatan Menurun

 

5. Nasi Timbel

Makanan Khas Sunda Tradisional yang Melegenda

Nasi timbel adalah makanan khas Sunda yang mempunyai cita rasa yang kuat dan unik. Nasi timbel mempunyai banyak versi sehingga banyak orang yang kadang bingung ingin mencoba nasi timbel versi yang mana.

Timbel merupakan makanan khas yang disiapkan dari rumah berupa nasi hangat yang baru saja matang dan dibungkus dengan daun pisang. Panas yang berasal dari nasi akan membuat daun pisang akan sedikit matang. Nah tingkat kematangan akan menambah rasa nasi dan harum yang akan menggugah selera.

Ada berbagai lauk untuk menemani nasi timbel yang pulen antara lain seperti ikan asin, pepes ikan, empal, ayam goreng, tawes, dan japuh. Tidak lupa juga terdapat lalapan serta sambal untuk menambah nilai tradisionalnya.

Itulah beberapa makanan tradisional khas sunda yang bisa anda nikmati, semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan kuliner anda.

Laporan : Dadan Haekal
Editor : Yossy Suryadi

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here