Mengenal Lebih Dekat Dengan Rapi 06 Sukabumi

Oleh : Yan Viktor Momongan (Sekretaris Rapi Wil.06 Sukabumi)

INFOKOWASI.COM, Sukabumi

Keberaadaan RAPI dapat dijadikan sebagai cadangan komuniksai atau darurat komunikasi manakala sistem komunikasi lain seperti telepon, jaringan seluler, internet tidak berfungsi karena ganngguan alam atau ganguan lainnya, RAPI dengan komunikasi radio antar penduduknya masih dapat melakukan komunikasi sekalipun aliran listrik tidak ada, komunikasi radio RAPI masih bisa menggunakan daya Accu atau batrai.

RAPI Wilayah 06 Sukabumi senantiasa eksis dalam kegiatan kemanusiaan Bantuan Komunikasi baik bersifat Rutin tiap tahun seperti Bantuan komunikasi Operasi Ketupat Lodaya (perayaan Idul fitri), Bantuan Komunikasi Lilin Lodaya (penggantian Tahun baru) maupun dalam bantuan komuniksai bencana alam, bantuan komunikasi pencarian laka laut/laka sungai, pencarian orang hilang saat mendaki dan sebagainya.

Baca Juga :  Dinas DPMPD Terbitkan Aturan Penggunaan DD untuk BLT dalam Antisipasi COVID-19

Kegiatan bantuan komunikasi kita bergerak secara spontan setelah mendengar adanya kejadain/peristiwa atau setelah pihak tertentu meminta bantuan kepada RAPI.
RAPI siap membantu program pemerintah Kabupaten Sukabumi khususnya dalam bidang komunikasi dan kegiatan kemanusiaan.

Demikian pula dalam Tahapan PILKADA sukabumi bulan Desember nanti, kami siap membantu kelancaran informasi pelaksanaan pilkada khsusnya banrtuan komunikasi di PPS, PPK bahkan di KPUD atau informasi kamtibmas dipelosok wilayah “kita kan tidak tahu apakah pada tanggal 9 desember 2020 nanti komunikasi seluler , telepon atau internet berjalan dengan lancar?” mudah-mudahan tiadak ada ganguan apa-apa, tapi tentunya sangat diperlukan cadangan komunikasi.

Baca Juga :  Puluhan Personil FORKOMPINCAM Surade Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Anggota RAPI Wilayah 06 Sukabumi saat ini berjumlah lebih kurang 850 orang Tersebar di 381 desa dan 5 kelurahan serta masing-masing memiliki perangkat komunikasi radio yang cukup memadai. Selain itu anggota RAPI memiliki jiwa sosial yang tinggi khususnya dalam kegiatan kamanusiaan.

Tentunya dengan segala potensi yang dimiliki anggota RAPI perlu ditunjang dengan sarana prasarana yang memadai, apalagi dengan luasnya wilayah kabupaten sukabumi.

Sarana yang diperlukan seperti Perlengkapan Bantuan Komunikasi misalnya Tenda untuk Posko, Perlengkapan radio Komunikasinya untuk di posko, perlengkapan alat untuk Radio Pancar Ulang dan tak kalah penting kendaraan Operasional sebagai sarana mobilisasi untuk bergerak cepat kelokasi bencana dan pembinaan anggota di 47 kecamatan.

Baca Juga :  Jalan Babakanjaya-Bojonglongok Penghubung Tiga Kecamatan Kini "Leucir Ngageleseur"

Harapan kami dengan adanya audensii antara RAPI dengan pihak Pemerintah Kabupaten Sukabumi dapat terjalin sinergitas dan kerjasama yang baik, serta dapat mempertimbangkan kebutuhan yang diperlukan organisasi RAPI Wilayah 06 Kabupaten Sukabumi.

RED

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here