Pesona dan Sasakala Situ Piit Desa Tanjungsari Jampangtengah

Pesona dan Sasakala Situ Piit Desa Tanjungsari Jampangtengah

Sukabumi, infokowasi.com – Situ Piit merupakan salah satu Obyek wisata danau yang terletak di Kampung Rawa Seel, Desa Tanjungsari, Kecamatan Jampang Tengah, dengan luas sekitar 6 ha, meliputi danau dan area daratan serta hutan pinus di sekelilingnya.

Untuk menuju lokasi akses sudah cukup mudah, dari arah Pangleseran sekitar 6 km dengan jarak tempuh 30 menit, bisa dengan roda dua atau pun roda empat.

Spot-spot alami yang terbentang sangat indah terlebih danau ini dikelilingi hutan pinus milik Perum Perhutani.

Pesona dan Sasakala Situ Piit Desa Tanjungsari Jampangtengah
Asep Eyang, tokoh penggerak dan pengelola wana wisata Situ Piit

Selain itu juga pengelola sudah menyiapkan spot swafoto buatan yang sengaja dibentuk dari rangka pohon bambu dan kayu, ada juga perahu kayuh, serta tempat pemancingan. Tersedia pula saung-saung gajebo di sekitaran danau, untuk sekedar mengisi perut beberapa warung siap saji menyediakan jajanan.

Baca Juga :  Panwascam dan PKD Cidahu Giat Mengawasi Rapid Test 184 Penyelenggara Pilkada Serentak 2020

Pengunjung akan disuguhi dengan udara sejuk dan pepohonan rindang mempesona. Suasana alam yang tepat juga untuk kegiatan kemping.

Seorang penggagas dibukanya Situ Piit menjadi objek wana wisata, Badrussalam, S.Pd., memaparkan beberapa kaitan penting Situ Piit, termasuk sasakala asal usul Situ Piit.

Sasakala Situ Piit

“Sekitar Tahun 1923 tempat tersebut biasa dijadikan tempat berkumpulnya penggembala kerbau, terdapatlah sebuah kubangan kecil yang biasa dipakai berkubang kerbau, lama kelamaan semakin besar, air pun debitnya turut membesar, di tempat itu pula banyak tumbuh pohon “manyah” sejenis ilalang yang lebih besar ukurannya, yang menjadi sarang burung pipit dalam jumlah banyak,” papar Badru.
Pesona dan Sasakala Situ Piit Desa Tanjungsari Jampangtengah
Badrusalam, S.Pd., penggagas dibukanya Situ Piit menjadi wana wisata

Di tempat tersebut pula kata Badru, para penggembala sering menanam padi, namun, setiap musim kemarau kubangan tersebut menjadi surut, ternyata di dasar kubangan tersebut ada lubang membuat air terbuang.

Baca Juga :  H. Marwan : Bhakti TNI Bantu Percepatan Pembangunan Infrastruktur

“Waktu itu berinisiatiplah ditutup menggunakan sapu padi ketan hitam. Akhirnya kubangan tersebut semakin besar dan airnya pun semakin dalam, sehingga berubahlah menjadi danau,” tambahnya.

Sementara itu, lanjut Badru, burung pipit semakin berkurang dan menghilang karena tempat mereka bersarang berubah menjadi danau, maka tersebutlah Situ Piit (danau burung pipit).

“Sekitar Tahun 1950, para penggembala menebar benih ikan sehingga sampai sekarang masih tetap terjaga keberadaannya. Konon jaman dahulu yang biasa beraktifitas di Situ Piit adalah Mama Haji Alya Mansur dan Nyi Dewi Ratnasari,” terang Badru.

Identik, Situ Piit airnya untuk bersuci, sehingga sekali waktu ada warga membuang babi hasil buruan maka air tersebut meledak dan surut.

Baca Juga :  Pelaksanaan PSBB H+3 dan Check Point Kecamatan Parungkuda

Selain itu, Badru juga menjelaskan, perjalanan awal Situ Piit pernah dibuka Tahun 2006/2007, oleh Muspika dan Ormas, namun pihak Perum Perhutani tidak mengizinkan. Barulah pada Tahun 2018/2019 mendapat izin resmi.

“Kegiatan keluarga, kegiatan komunitas, kegiatan Bansos, kegiatan pramuka dan kegiatan sekolah lainnya sering dilaksanakan di Situ Piit,” Pungkas Badru.

Pesona dan Sasakala Situ Piit Desa Tanjungsari Jampangtengah
Indra Herdiansyah, kepala dusun rawaseel sekaligus pengelola Situ Piit

Indra Herdiansyah, selaku Kepala Dusun Rawaseel Desa Tanjungsari sekaligus salah seorang pengelola Situ Piit, mengharapkan ke depannya objek wisata ini bisa dikelola mandiri oleh warga dan pemuda sekitar.

“Mengingat saat ini pengelolaan masih di bawah Perum Perhutani, pemuda Kompepar harus terbentuk agar bisa memajukan Pariwisata Tanjungsari,” tutup Indra.

Laporan : Robi Sugara
Editor : IK

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here