Sejumlah Kades di Sukabumi Keluhkan Bansos Provinsi Jawa Barat Tahap II

Sejumlah Kades di Sukabumi Keluhkan Bansos Provinsi Jawa Barat Tahap II
Sukabumi, Infokowasi.com – Isu yang berkembang saat ini dengan adanya Pengurangan Bantuan Sosial (Bansos) Covid-19, Non Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang berasal dari Bantuan Provinsi Jawa Barat, nampaknya menjadi keluhan sejumlah Kepala Desa di wilayah Kabupaten Sukabumi.

Desa-desa yang mendapat bantuan Covid-19 dari Provinsi Jabar yang saat ini baru pendistribusian tahap pertama, di wilayah Sukabumi mencapai 139.430, di tahap kedua akan ada pengurangan kuota menjadi 81.750, tentunya bantuan tersebut dinyatakan akan adanya pengurangan sekitar 57.680 penerima, keluh mereka.

Keluhan tersebut disampaikan sejumlah Kepala Desa, salah satunya Iip Firdaus Kades Kadudampit, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Senin (13/07/2020), di ruang kerjanya.

Baca Juga :  Update Covid 19 Purwakarta ODP 207, PDP 18 dan Positif 5

Menurut Iip, data yang diterima berdasarkan BNBA oleh Desa Kadudampit ada pengurangan sejumlah 28 dari data awal tahap pertama sejumlah 266 penerima bansos tahap II dari provinsi, walaupun belum muncul nama-namanya, tetap saja akan menjadi keluhan.

“Sementara dari pihak Provinsi menekankan sesuai Surat Edaran bernomor 406/kep.344/Dinsos; poin 3; untuk diusahakan mendapatkan bantuan diambil dari BLT, hal inilah yang menjadi keluhan kita sebagai kepala desa,” ulasnya.

Sejumlah Kades di Sukabumi Keluhkan Bansos Provinsi Jawa Barat Tahap II

 

Dari data yang dihimpun infokowasi.com, Surat dari Dinas Sosial Provinsi bernomor 466-2/2555/Dinsos; terkait Pemberitahuan Tentang Penetapan Data Non DTKS penerima bantuan pemerintah Provinsi pada tahap II.

Baca Juga :  Warga Kebon Kalapa Cibadak Lakukan Penyemprotan Secara Mandiri

Sejumlah Kades di Sukabumi Keluhkan Bansos Provinsi Jawa Barat Tahap II

Dalam penetapan Gubernur bernomor 406/kep.344/Dinsos/2020 Tentang Data KRTS Non DTKS Penerima Bantuan Provinsi Tahap Dua, dalam lampirannya bahwa Penetapan Data Non DTKS Penerima Bantuan Jawa Barat di tahap II untuk Sukabumi sekitar 139.430 menjadi 81.750 berarti akan adanya pengurangan kuota sekitar 57.680 ini sesuai data yang terlampir dalam Surat Pemberitahuan tersebut.

Iip juga mengatakan, untuk desa lain pun mungkin akan terjadi seperti ini, pertama mendapat 600 penerima sekarang 300, penerima berarti ada pengurangan 50% , bagaimana nasib masyarakat saat ini, keluhnya lagi.

Baca Juga :  Ketua DMI Kab.Sukabumi Drs. KH.Abdul Aziz, Resmikan Masjid Daarul Mutaqiin Menjadi Masjid Besar

Menurut Iip, di tahap pertama mereka mendapatkan, sekarang di tahap dua dan tiga tidak akan mendapatkan, sementara sejumlah 166 KK yang lainnya sampai saat sekarang belum pernah menerima dan mendapatkan bantuan dari pintu manapun, tentunya akan menjadi polemik di masyarakat.

 

Laporan : Wahyu

Editor : Wandi

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here