Sosialisasi IPDMIP DI Warujajar Desa Jagamukti Diprakarsai PU Kabupaten Sukabumi

Sosialisasi IPDMIP DI Warujajar Desa Jagamukti di Prakarsai PU BM Kabupaten Sukabumi

Sukabumi, infokowasi.com – Sosialisasi pemerintah Indonesia untuk terus mendorong terwujudnya Kedaulatan Pangan Nasional. Komitmen ini diwujudkan melalui dan meningkatkan produktivitas padi, merehabilitasi 3 juta hektar jaringan irigasi, mencetak 1 juta hektar sawah beririgasi, menjamin tersedianya air untuk penanaman, serta meningkatkan infrastruktur Pertanian.

Pengelolaan sumber daya udara dan jaringan pertanahan memegang peranan yang sangat penting dalam mendorong peningatan produksi beras nasional. Kegiatan IPDMIP di laksanakan di 74 Kabupaten dalam 16 Provinsi di Indonesia yaitu: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sosialisasi IPDMIP DI Warujajar Desa Jagamukti di Prakarsai PU BM Kabupaten Sukabumi

Integrated Participatory Development Management of Irrigation Project (IPDMIP) Program rehabilitasi dan peningkatan infrastruktur irigasi dengan pinjaman dari ADB melalui program IPDMIP akan menggunakan skema Result Based Lending (RBL) atau pinjaman yang berbasis hasil atau output.

Baca Juga :  KOMBAC - Komunitas Bola Basket Cicurug

Kabid pengairan Syahril kepada wartawan. Salah satunya program kegiatan yang berada di jawabarat, Kabupaten Sukabumi, adalah Daerah Irigasi (DI) warujajar. Anggaran pada tahun 2020 panjang 1060m, Tinggi 50cm lebar penampang atas 150 cm.

Sosialisasi IPDMIP DI Warujajar Desa Jagamukti di Prakarsai PU BM Kabupaten Sukabumi

Di Wilayah Kabupaten Sukabumi bagian Selatan tahun 2020 adalah, Di Kp. Warujajar RT. 05/05 Desa Jagamukti Kecamatan Surade, Hari Rabu 03/05/2020

Program tersebut merukab kegiatan partisifasif dari bank Dunia. Yang di hendel oleh Anggaran APBD kabupaten Sukabumi tahun 2020.Paparnya.

Dilokasi yang sama saat melakukan Sosialisasi pihak perusahan CV. Santoni. H. Dadun Suherman Kepada wartawan kegiatan ini salah satu pelaksana dilapangan

“Kami bersama kabid pengairan, muspika, mitra cai, juru dan tokoh masyarakat tani, menyampaikan melalui sosialisasi dalam kegiatannya sepakat dengan para konsultan perencanaan, pelaksana dan pengawas, berkordinasi dengan masyarakat, para pengelola mitra cai yaitu (Perkumpulan Petani pemakai Air) P3A. Dan pelaksana teknis di serahkan mengajak akan segera dilaksanakan untuk teknis lapangan kepada pelaksana teknis lapangan senior-senior kami, seperti pak Eman Sulaeman di hari sabtu”.

Baca Juga :  Update Data Covid-19 (16/6/2020) Kabupaten Sukabumi

“SID Rehabilitasi daerah Irigasi Kewenangan kabupaten Sukabumi. Kegiatan integrated particifatory management of irrigation program (IPDMIP).
pendanaan dari Asian Development Bank (ADB).
Asean Infrastructure Fund (AIF)”.

Saat itu Kades Jagamukti Apay Suyatman S.Pdi. Apresiasi Kami Bersama Seluruh jajaran instansi muspika dan para tokoh masyarakat tani hadir dan mengapresiasi Pekerjaan irigasi,harapannya berjalan lancaran dan sukses dan dapat berkesinambungan dengan semua pihak, yang notabene areal pasawahan warujajar kondisi lahan tadah hujan.

Senada di tempat kegiatan sosialisasi mengapresiasi salah seorang pengelola sungai cibarehong. Anti Rineksodarmo 51,Juru (Pengatur Air) Daerah Irigasi DI warujajar Hekto Meter (HM -1 _HM-1000). Luas areal pasawahan kurang lebih 300ha, sebelumnya areal pesawahan tersebut tidak pernah kekurangan air karena yang kendala akibat banyak rembesan atau bocoran di sepanjang saluran sungai Cibarehong- bendung cikakak.Harapan kedepannya para petani kita lebih subur makmur,hasil masyarakat pertanian aman dan saling menjaga kerjasama antar petani.Ujarnya

Baca Juga :  Disiplinkan Protokol Kesehatan, Polda Banten Gelar Operasi Yustisi Di Kabupaten Pandeglang

Pada kesempatan itu hadiri PPK/PPTK IPDMIP, Konsultan pengawas, pembangunan dan perencanan, Kepala Bidang (Kabid Pengairan), Camat Surade (PLT), Kapolsek Surade, Danramil 2214, UPTD Pekerjaan Umum Wilayah VI Jampangkulon, Para JURU, Pemdes Jagamukti, Kelompok Mitra Cai, Para tokoh dan Masyarakat Tani Desa Jagamukti.

Laporan : M Kuncir
Editor : WD

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here