Tim Pusat Perencanaan UU Badan Keahlian DPR RI Di Berikan Informasi Potensi Gurilaps Oleh Wabup Iyos

INFOKOWASI.COM- Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menyampaikan berbagai potensi yang dimiliki daerahnya kepada tim Pusat Perancangan Undang-Undang Badan Keahlian DPR RI, Jumat, 15 September 2023. Penyampaian berbagai potensi dalam rangka pengumpulan data penyusunan naskah akademik dan rencana undang-undang tentang Kota dan Kabupaten Sukabumi ini, dilakukan di Balai Kota Sukabumi. Hal itu lantaran agendanya berbarengan dengan Kota Sukabumi.

Dalam paparannya,H. Iyos menyebutkan Kabupaten Sukabumi memiliki sumber daya alam yang melimpah. Bahkan berbagai potensi alam tersedia di Kabupaten Sukabumi. Sehingga daerah terluas kedua di Jawa-Bali ini, memilki tagline gurilapss (gunung, rimba, laut, pantai, sungai, dan seni-budaya).

“Potensi dari sumber daya alam kami sangat luar biasa. Dari potensi ini, Kabupaten Sukabumi berfokus ke sektor pariwisata, pertanian, dan agrobisnis,” ujarnya.

Apalagi dari yang baru berusia 153 tahun pada 10 September lalu ini, memilki kondisi geografis yang berbukit-bukit. Bahkan, dikelilingi laut serta pegunungan.

“Jadi tak heran, kami memiliki laut dan perkebunan yang sangat luas,” ucapnya.

Berdasarkan kondisi geografis itu, Kabupaten Sukabumi dibagi dua wilayah yakni wilayah utara dan selatan.

“Kultur masyarakat di Kabupaten Sukabumi beranekaragam. Di mana, jumlah penduduknya mencapai 2,7 juta jiwa,” ungkapnya.

Berkaitan potensi yang dimiliki itu, Kabupaten Sukabumi terus mendongkrak perekonomiannya lewat hal tersebut melalui sinergitas dengan Kota Sukabumi yang mengedepankan sektor perdagangan.

“Kami dengan Kota Sukabumi bersinergi dan berbagi peran. Wisatawan berwisata ke Kabupaten Sukabumi, makannya dan nginepnya di Kota Sukabumi. Jadi kami saling berkontribusi,” terangnya

Ketua Tim Pusat Perancangan Undang-Undang Badan Keahlian DPR RI Arif Usman mengatakan, kehadiranya ke Sukabumi untuk menyusun rancangan undang-undang dan naskah akademik mengenai Kota dan Kabupaten Sukabumi. Sehingga, nanti setiap kota/kabupaten memiliki undang-undang masing-masing secara tersendiri.

“Semua kota/kabupaten di Indonesia nanti akan memiliki undang-undang sendiri,” bebernya

Oleh karena itu, kehadirannya ke Sukabumi untuk meminta gambaran terkait daerah tersebut seperti cakupan wilayah, ibu kota, hari jadi, hingga karakteristik dan potensi wilayah.

“Kami hadir untuk meminta dokumen mengenai potensi dan karakter wilayah Kota serta Kabupaten Sukabumi. Semua itu akan ditonjolkan dalam undang-undangnya nanti,” pungkasnya.

Redaksi-01

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

Artikulli paraprakJum’at Berkah Sembako Door To Door Dari Polsek Koja Polres Metro Jakarta Utara
Artikulli tjetërDiskan Diseminasi Penerapan Internet Of Things Bidang Perikanan Budidaya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini