Wali Murid Swadaya Perbaiki Madrasah Diniyah Raoudlotusshibyan

Sukabumi, Infokowasi.com

Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) merupakan salah satu sarana pendidikan cukup penting dan sangat dibutuhkan keberadaanya di kalangan masyarakat.

Dengan materi pelajaran tentang keagamaan, maka MDTA berfungsi sebagai pelengkap mata pelajaran pendidikan agama islam di Sekolah Dasar (SD) maupun di Madrasah Ibtidaiyah (MI).

Masa pendidikan yang ditempuh MDTA selama enam jenjang selama enam tahun. Walau pun pada dasarnya berstatus instansi pendidikan non formal, namun kenyataannya keberadaan MDTA sudah menjadi kebutuhan umum masyarakat.

Tidak dapat dipungkiri dengan status non formal menyebabkan MDTA jarang sekali mendapat anggaran pembangunan dari pemerintah, semua kembali kepada pengelola, komite madrasah, dan wali murid.
Salah satu contoh MDTA Raoudlotusshibyan dengan no statistik 311.2.32.02.0441, beralamat di Kampung Pamoyanan RT 003 RW 001 Desa Panumbangan Kecamatan Jampangtengah.

Sekolah ini memiliki enam orang tenaga pengajar, jumlah murid dengan rincian kelas 1 berjumlah 27 orang, kelas dua 25 orang, kelas tiga 31 orang, kelas empat 17 orang, kelas lima 29 orang, dan kelas enam 31 orang.
Dengan keadaan bangunan sudah cukup tua serta keadaan hampir tidak layak pakai akhirnya seluruh wali murid bahu membahu melakukan perbaikan bangunan madrasah dengan cara Swadaya.

Baca Juga :  Tuntaskan Kasus 27 Juli 1996

Anwar Muhidin selaku aparatur pemerintaha Desa Panumbangan menyebutkan anggaran yang dibutuhkan untuk perehaban mencapai nominal 60 juta rupiah.

Saat ini warga yang menjadi wali murid MDTA Raoudlotusshibyan sudah mulai melakukan pembangunan, untuk perehaban bangunan dengan luas 10 meter x 35 meter, terdiri tiga lokal.
Lebih lanjut Anwar menuturkan bahwa target pembangunan selama dua minggu. “alhamdulilah sekarang sudah ada progres pembangunan, walau cukup tersendat”, ucap Anwar.

Anwar berharap adanya kucuran dana dari pihak lain untuk membantu pembangunan MDTA Raoudlotusshibyan tersebut. Anwar pun berterimakasih atas kerja sama masyarakat dan wali murid yang sudah melakukan swadaya.

Baca Juga :  Jawaban Bupati Sukabumi atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Sukabumi

Laporan : Robi Sugara

Foto       : Robi Sugara

Editor    :  Yudi

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here