2 Anggota Kowasi Jampang Ikut Diklat “Diklatsar Banser Angkatan I Tahun 2021, Dari 160 Orang Menjadi 144 Orang”

Laporan : My.Kuncir (Korlip Jampang)

Infokowasi.com, Sukabumi

Para peserta Diklatsar calon anggota Banser tahun 2021, sebanyak 160 orang di puncak acara di lakukan pembe’atan di halaman lokasi villa Abudin kp. Cibuaya Desa Pangumnahan Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi Jawa barat, pada hari minggu 4 April 2021

Di sela kesibukan Wa kasat KORCAB Banser kabupaten Sukabumi, Sekaligus Ketua Panitia Lokal Diklatsar banser Kabul Hilmansyah menjelaskan, menjadi kader atau anggota Banser, bukan sebatas dimaknai bangga mengenakan seragam saja, tetapi juga harus memegang teguh tiga karakter yaitu amaliah (ritual ibadah), fikrah (cara berpikir), dan harakah (cara bertindak).

Anggota Banser juga harus berpedoman pada empat prinsip dasar yakni tawasuth (moderat), tawazun (seimbang), i’tidal (adil), dan tasamuh (toleran).

Tujuan menjadi anggota Banser diantaranya menjaga aqidah ahlusunnah wal’Jama’ah annahdhiyah, menjaga ulama dan menjaga NKRI. Hal yang sangat membanggakan diantara para peserta Diklatsar ada 2(dua) orang anggota Kowasi (Komunitas Wartawan Sukabumi) Korwil Pajampangan yang ikut serta, yaitu; M.Robby wartawan infokowasi.com dan Rusdiana wartawan Infodesaku.

Baca Juga :  Mukercab PKB Kab.Sukabumi "Untuk Berubah Dan Menciptakan Tradisi Baru Atas Hasil Yang Kita Hadapi", Keberhasilan Kita Adalah Komitmen Dan Kesetiaan

Adapun para peserta yang mengikuti diklatsar terdiri putra Dari usia 17-40 tahun, peserta dari berbagai kalangan diantaranya para Santri, kiyai, Ormas, Komunitas Wartawan dan Padepokan seni budaya pajampangan, tutur kabul

Kegiatan DIKLATSAR BANSER diksanakan di wilayah Selatn Sukbumi Pajampngan slah satunya adalah untuk mengantisipasi masuknya faham radikalisme di wilayah pajampangan.BANSER sebagai badan semi otonom dari Gerakan Pemuda ANSOR punya kewajiban untuk menjaga Kiayi dan juga masyarakat dan senantiasa menjaga Nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah Lii Nahdlatil Ulama.

(Kabul Hilmansyah, S.Kom.I) Ketua Pelaksana lokal para peserta yang terdiri dari 160 Orang yang mendftar, mengikuti proses pendidikan Latihan dasar tersisa menjadi 144 Orang yang dinyatakan lolos menjadi anggota banser Kabupaten Sukabumi setelah mengikuti beberapa tahapan dintaranya :

Baca Juga :  Corina Dibawa ke Pusat Rehabilitasi

1. Materi Leadership (Kepemimpinan)
2. Materi Ke-NU-an
3. Materi Ke-ANSOR-an
4. Materi Ke-Aswaja-an
5. (PBB)Pasukan Baris-Berbaris
6. Tata Upacara BANSER
7. Teknik Pengamanan dan Lalu Lintas
8. (KESLAP) Kesehatan Lapangan
9. (PPBN) Pendidikan Pendahuluan Bela Negara atau Wawasan Kebangsaan
10.Tata Administrasi BANSER
11. Materi Ke-BANSER-an dan PO Organisasi
12. Carka Malam
13. Karakter Mental Building dan Tim Work

Demikian rangkaian acara yang di ikuti oleh semua peserta dan dinyatakan SAH menjadi anggota BANSER angkatan ke-1 TAHUN 2021, setelah pembacaan dan mengikuti prosesi bai’at dan kader banser Serba guna dan kader banser bukan alat jagoan atau jadi pengecut, kader banser jangan di mubadzir dan tidak taat pada Pimpinan sambung Silaturahmi, sesuai ajaran NU itu jalan keselamatan semuanya, ilmu, amal tidak cukup untuk kita disinilah kita harus bisa menahan amarah,pesan terakhir para pejuang barisan itu jika ada masalah lalu langsung ribut, sejatinya bisa menahan dan menjaga emosional diri kita, pungkas ketua PC GP Ansor Kab. Suabumi, Gus Farhan Zayyid SE.MM

Baca Juga :  Pimpin Apel Pasukan Sambut Wisman di Bali, Kapolri: Sebagai Gerbang Terakhir Tolong Disiplin

Kegiatan Penutupan ini langsung oleh Gus FARHAN ZAYYID, SE.,MM.( Ketua PC GP Ansor Kab. Sukabumi dan IRMAN, M.Ag (KASATKORCAB BANSER Kab. Sukabumi dan dihadiri oleh :
1. H. Dadang (Penanggungjawab Panitia Lokal)
2. MWC NU CIRACAP
3. H. ANWAR SADAD, S.Pd
4. Para Ketua PAC GP Ansor Kecamatan di wilayah V -VI Pajampangan
5.Para Agnia dan Donatur

Wandi

Print Friendly, PDF & Email

Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here