6 Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani agar Tubuh bisa Terus Produktif

6 Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani agar Tubuh bisa Terus Produktif

Infokowasi.com – Selain memperbaiki kualitas tidur, kamu juga perlu melakukan latihan jasmani agar tubuh tidak hanya memiliki kadar zat yang seimbang, tetapi juga kuat.
Berikut ini beberapa bentuk latihan yang bisa kamu coba :

1. Latihan dengan Mengandalkan Berat Tubuh (Bodyweight Exercise)
Selama latihan, suhu tubuh kamu akan mengalami peningkatan. Untuk memulihkan ke temperatur semula, tubuh memerlukan waktu hingga satu setengah jam.
Beberapa latihan yang bisa kamu coba diantaranya:

Plank
Latihan ini sangat sederhana. Kamu hanya perlu telungkup seperti akan melakukan push up. Tetapi, gunakan siku sebagai tumpuan. Pastikan kedua siku berada di bawah bahu dan tubuh membentuk garis lurus. Kamu cukup melakukannya selama 30 detik sampai 2 menit.

Push up
Lakukan push up sebanyak 2 set. Tiap set terdiri dari 10 repetisi. Tiap set diberi jeda 1 menit untuk beristirahat. Kamu tidak perlu memaksakan push up terlalu banyak. Jika baru saja mulai, kamu hanya perlu konsisten.

Baca Juga :  Infografis: Surat Edaran MENPORA Tentang Protokol Kegiatan Kepemudaan dan Keolahragaan

Sit up
Sama halnya dengan push up, lakukan latihan dengan 2 set berisi 10 repetisi tiap setnya. Lakukan hal ini secara rutin.

Squat
Gerakan ini melatih tubuh bagian bawahmu, terutama area belakang. Cara melakukannya mudah, berdirilah dengan merenggangkan kaki selebar bahu, lalu tarik tangan ke depan. Selanjutnya, turunkan lutut perlahan serendah mungkin. Tetapi usahakan lutut tidak lebih maju dari jari kakimu.

2. Latihan Pernapasan
Untuk melatih pernapasan, pertama-tama, rilekskan dulu tubuhmu. Kamu bisa melakukannya dengan berdiri tegap atau berbaring. Hal ini agar tulang belakangmu dalam posisi netral.
Selanjutnya, tarik napas (napas perut) dalam-dalam. Pernapasan ini menggunakan bagian bawah diafragma sehingga bagian perut yang mengembang, bukan dada.
Tarik napas selama 3 hitungan, kemudian tahan napas sebanyak 2 hitungan. Setelahnya, keluarkan napas secara perlahan dalam 4 hitungan. Kamu juga bisa mengganti hitungan manual dengan hitungan detik.
Usahakan latihan ini dilakukan dalam keadaan tenang dan rileks. Jangan melakukannya sambil menonton TV atau bermain media sosial.

Baca Juga :  Macam-Macam Peregangan

3. Sesekali Cobalah Yoga
Yoga adalah latihan yang melatih tubuh dengan ritme dan posisi tertentu. Olahraga ini membuat tubuh lebih rileks dan seimbang. Yoga bisa kamu lakukan sebelum tidur.

4. Latihan Visualisasi
Latihan visualisasi dapat melatih fokus kamu. Terlihat sederhana, nyatanya latihan ini perlu pembiasaan agar bisa dilakukan dengan lancar.
Latihan visualisasi dilakukan dengan memvisualisasikan pikiran pada hal-hal yang menyenangkan, seperti menghapus hal-hal kotor di dalam pikiran.

5+ Jenis Olahraga Malam yang BOLEH Kamu Lakukan!
Latihan ini bisa kamu lakukan selama 3 sampai 5 menit. Tetapi, kamu bisa menambah durasi jika telah terbiasa.
Bayangkan hal-hal yang membuatmu tenang, seperti pantai dengan pasir putih dengan air sebening kristal atau masa kecil yang menyenangkan. Ingat, setiap orang punya definisi sendiri untuk menggambarkan hal-hal itu.

5. Meditasi
Meditasi adalah proses aktif yang bermanfaat jika dilakukan dengan benar. Tentu berbeda, ya, antara meditasi dan melamun.
Kamu bisa melakukan meditasi dengan tujuan tertentu, seperti untuk relaksasi atau mengurangi stres. Kamu juga harus mengosongkan pikiran dan fokus pada irama napas maupun detak jantungmu.

Baca Juga :  Pelaksaan ASEAN Para Games 2020 Telah Resmi Dibatalkan

6. Lakukan Streching atau Peregangan
Stretching bertujuan untuk meregangkan kumpulan otot agar kembali rileks dan elastis. Saat tubuh dalam posisi meregang, tariklah nafas dan keluarkan napas saat bergerak. Aturlah napas dengan teratur.
Lakukan peregangan dari tubuh bagian bawah ke atas atau sebaliknya. Peregangan acak tidak disarankan karena menyebabkan peredaran darah tidak teratur.

6 Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani agar Tubuh bisa Terus Produktif

Olahraga Sebagai Investasi
Latihan kebugaran bisa dilakukan kapan saja. Jika tidak sempat di rumah, kamu bisa melakukannya di kantor dengan memanfaatkan peralatan yang ada, seperti naik turun tangga, plank, atau squat.
Olahraga adalah bentuk investasi agar tubuh selalu produktif. Dalam sehari, minimal kamu harus menyisihkan waktu 30 menit untuk melakukan latihan ringan.

Penulis : Risnandar K
Editor : WD

Print Friendly, PDF & Email
Redaksi : redaksi@infokowasi.com


Marketing : marketing@infokowasi.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here